Pengembangan media pembelajaran hikayat berbasis web application pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuningtyas, Fina Arrizka (2023) Pengembangan media pembelajaran hikayat berbasis web application pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Arrizka Ayuningtyas_D91219113.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pesatnya arus pertukaran informasi, Daryanto mengungkapkan bahwasanya pembelajaran konvensional yang hanya mengandalkan tatap muka antara pengajar dan pelajar sudah tidak efektif di zaman sekarang. Namun berdasarkan survey PUSTEKKOM, 60% guru di Indonesia masih gagap akan teknologi. Penggunaan pembelajaran konvensional dan buku cetak yang tidak berwarna di lokasi penelitian membuat peserta didik tidak semangat untuk belajar dan menyebabkan kurang terserapnya materi pembelajaran, sehingga berujung pada kurangnya pemahaman pada peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mencoba membawa warna baru dengan menerapkan media pembelajaran Hikayat berbasis we application. Dengan menggunakannya, peneliti berharap dapat meningkatkan pemahaman peserta didik serta menambah kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dan mendesain media pembelajaran. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan prosedur ADDIE. Meningkatnya nilai rerata dan persentase ketuntasan peserta didik merupakan bukti nyata keberhasilan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman. Hasil validasi dan feedback dari peserta didik masing-masing termasuk dalam kriteria sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuningtyas, Fina Arrizka-D91219113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
UNSPECIFIEDNiam, Khoirun-2025077001
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Pengembangan; media pembelajaran; web application; pemahaman; sejarah kebudayaan islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Fitriyah
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:26
Last Modified: 14 Dec 2023 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66771

Actions (login required)

View Item View Item