Implementasi konseling behavioral dengan teknik role playing untuk menanamkan perilaku prososial pada anak di desa Sukodono kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Dhianisrina (2022) Implementasi konseling behavioral dengan teknik role playing untuk menanamkan perilaku prososial pada anak di desa Sukodono kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhianisrina Salsabila_B03218014.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dhianisrina Salsabila_B03218014_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk menanamkan perilaku prososial pada anak seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi. Fokus pada penelitian ini adalah proses dan hasil dari implementasi konseling behavioral dengan teknik role playing untuk menanamkan perilaku prososial pada anak di Desa Sukodono Kecamtan Sukodono Kabupaten Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan metode descriptive coparatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses konseling behavioral dengan teknik role playing untuk menanamkan perilaku prososial pada anak terdapat beberapa tahap, yaitu memilih cerita yang berkaitan dengan perilaku prososial dan kemudian memerankan cerita dalam bentuk drama sesuai peran yang ditentukan. Konselor juga memberikan motivasi diri terhadap konseli. Hasil dari implementasi konseling behavioral dengan teknik role playing dapat dikatakan berhasil karena konseli menjadi pribadi yang peduli dan peka dengan lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Dhianisrinadhiyanisrina99@gmail.comB03218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Bimbingan Konseling
Komunikasi
Psikologi Sosial
Keywords: Konseling behavioral; teknik role playing; perilaku prososial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dhianisrina Salsabila
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:46
Last Modified: 29 Dec 2023 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66785

Actions (login required)

View Item View Item