Pesan dakwah dalam lirik lagu Masih Ada Waktu karya Ebiet G Ade: analisis semiotika Charles Sanders Pierce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Muhammad Asiroji Alamul (2023) Pesan dakwah dalam lirik lagu Masih Ada Waktu karya Ebiet G Ade: analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Asiroji Alamul Huda_B91218118 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Asiroji Alamul Huda_B91218118.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mencari pesan-pesan dakwah yang tersimpan dalam lirik lagu Masih Ada Waktu karya Ebiet G Ade. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah dalam lirik lagu Masih Ada Waktu berdasarkan hasil analisis semiotika.Dalam mencari pesan dakwah yang tersimpan dalam lagu tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menganalisis data berupa lirik lagu, peneliti menggunakan analisis semiotika model Charles Sanders Peirce dengan mengkaji tanda, objek dan interpretasi. Data yang diperoleh bersumber dari lirik lagu dan dipadukan dengan berbagai buku, jurnal maupun artikel yang berkaitan dengan pesan dakwah. Hasil dari analisis pada skripsi ini, peneliti menemukan bahwa lagu Masih Ada Waktu memiliki pesan dakwah dalam setiap lirik lagunya yang bisa dikategorikan dari kutipan Al-Qur’an maupun Hadits berupa pesan tenntang keimanan (Akidah), Akhlak dan Hukum Islam (Syariah). Pesaan yang disampaikan cukup bisa dipahami namun masih diperlukan pemahaman untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung. Rekomendasi untuk penelitian selanjutya yang menggunakan lagu ini untuk diteliti Kembali dengan focus untuk mencari pesan dakwah dapat melakukan penelitian dengan menggunakan model analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Muhammad Asiroji Alamulb91218118@uinsby.ac.idB91218118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsby.ac.id2002047802
Subjects: Agama
Ilmu Komunikasi
Musik
Keywords: Pesan dakwah; lirik lagu Masih Ada Waktu; analisis semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Asiroji AH Asiroji AH
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:55
Last Modified: 27 Dec 2023 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66791

Actions (login required)

View Item View Item