Dampak Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI KCP Gayungsari pada Perkembangan (UMKM) Kecamatan Jambangan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Muhammad Rizki (2023) Dampak Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI KCP Gayungsari pada Perkembangan (UMKM) Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizki Santoso_G01219021 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Rizki Santoso_G01219021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kredit Usaha Rakyat atau yang dikenal dengan KUR merupakan program pemerintahan yang berkerjasama dengan Bank kepada masyarakat yang memiliki sebuah permasalahan modal usaha. Progoram KUR dilaksanakan untuk meningkatkan perkembangan UMKM. Adanya Implementasi KUR yang digunakan sebagai penyalur KUR serta bentuk dampak adanya dampak pada KUR BRI wilayah gayungsari yang dirasakan pelaku UMKM di Kecamatan Jambangan sebagai pembahasan permasalahan KUR. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat Bank BRI pada perkembangan UMKM dan dampak dari adanya program tersebut terhadap perkembangan UMKM Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif yaitu pendekatan penelitian dimana data-data yang dikumpulkan berupa catatan lapangan, dokumentasi, catatan-catatan atau memo lainnya. Proses penelitian ini dilakukan dengan memperoleh data dengan melakukan observasi ke objek penelitian dan melakukan wawancara kepada informan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini KUR BRI bagi pelaku usaha Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya telah berjalan dengan baik. terdapat banyak kemudahan yang dirasakan oleh informan selaku pengguna KUR BRI dalam segala proses peminjamannya, serta adanya pengembangan usaha berdampak pada peningkatan hasil usaha serta perkembangan usaha tercapai dalam waktu lebih cepat. Dengan adanya program KUR, para pelaku usaha mendapatkan solusi akan permasalahan modal yang kerap kali terjadi. Sehingga para pelaku UMKM pengguna KUR berhasil mencapai titik keseimbangan pasar. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada berbagai pihak, yang paling utama kepada pelaku UMKM agar kedepannya kegunaan KUR bisa berjalan dengan baik. Rekomendasi yang diharapkan untuk tidak menggunakan kesempatan bungah rendah pada KUR terhadap nasabah sebagai kebutuhan sekunder.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Muhammad Rizkirizki.santoso1927@gmail.comG01219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Bank dan Perbankan
Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Kredit usaha rakyat; modal usaha; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Rizki Santoso
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:40
Last Modified: 19 Dec 2023 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66802

Actions (login required)

View Item View Item