Budaya berkata kotor dan kasar dalam konten gaming di youtube: kajian Ma’ani al-Hadith riwayat Ahmad nomor indeks 3839 dengan pendekatan sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basuki, Syachrazad Niken (2023) Budaya berkata kotor dan kasar dalam konten gaming di youtube: kajian Ma’ani al-Hadith riwayat Ahmad nomor indeks 3839 dengan pendekatan sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syachrazad Niken Basuki_07030520070 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (1MB)
[img] Text
Syachrazad Niken Basuki_07030520070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah salah satu keunggulan media sosial adalah sebagai media komunikasi antar orang diseluruh dunia. Baik berupa chat, telepon, bahkan video. Namun fenomena tersebut menghadirkan problematika baru di sosial media, yaitu konten-konten berupa vlog, podcash, konten game yang mengandung kata-kata kotor dan kasar. Akibatnya orang yang setiap harinya aktif di sosial media, akan terikut dengan budaya tersebut, bahkan anak kecil mulai fasih berkata-kata kotor dan kasar. Nabi Saw. sebagai suri tauladan telah menyatakan dalam hadisnya bahwa seorang mukmin yang sempurna bukanlah orang yang suka mencela, melaknat, dan berkata kotor (kasar). Hal tersebut terdapat dalam kitab Musnad Ah}mad nomor indeks 3839. Tujuan penelitian ini untuk memberi pemahaman hadis tersebut dalam konteks sosial media di era milenial. Model penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kepustakaan (library research). Adapun sumber data dalam kajian ini adalah berupa kitab-kitab hadis, buku-buku kajian, dan jurnal penunjang yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan demikian tujuan utama dari penelitian ini ialah. Pertama mencari kehujjahan dan kualitas hadis tentang berkata kotor dan kasar dalam kitab Musnad Ah}mad nomor indeks 3839. Kedua mengkaji pemahaman hadis tentang berkata kotor dan kasar dalam kitab Ah}mad nomor indeks 3839. Dan yang ketiga memaparkan dampak budaya berkata kotor dan kasar di media sosial dengan fokus penelitian pada konten gaming di youtube. Sehingga hasil yang didapat dalam penelitian ini ialah hadis tersebut dapat dijadikan sebagai hujjah karena ia telah memenuhi syarat kehujjahan diamalkan dalam kehidupan, dengan kualitas hadis ialah s}ah}i>h li dha>tihi. Dalam kitab Musnad Ah}mad nomor indeks 3839 kandungan pokok hadis ialah, orang yang betul-betul beriman kepada Allah Swt. dan Nabi Saw. ketika berkomunikasi atau berinteraksi tidak akan berbicara dengan bahasa yang kotor dan kasar. Oleh karena itu perlunya memiliki etika dalam berbicara baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basuki, Syachrazad Nikennikensyachrazad@gmail.com07030520070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com2014097902
Subjects: Agama
Hadis
Keywords: Budaya; berkata kotor dan kasar; gaming di youtube; kajian Ma’ani al-Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Syachrazad Niken Basuki
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:08
Last Modified: 19 Dec 2023 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66806

Actions (login required)

View Item View Item