Penggunaan ayat al-qur’an sebagai pengobatan: studi living qur’an: Rukiah Di Baitus Syifa’ Desa Losari Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Nashichatus (2023) Penggunaan ayat al-qur’an sebagai pengobatan: studi living qur’an: Rukiah Di Baitus Syifa’ Desa Losari Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nashichatus Sholichah_E93216136 OK.pdf

Download (850kB)
[img] Text
Nashichatus Sholichah_E93216136 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Di dunia ini banyak sekali macam-macam penyakit yang bisa kapan saja menyerang manusia dengan berbagai penyebabnya dan semua manusia pasti menyadari bahwa sekecil apapun pasti membahayakan bagi dirinya. Namun perlu diketahui bahwa penyakit yang menyerang tubuh manusia tidak hanya disebabkan oleh Virus, bakteri dan lain sebagainya, melainkan bagaimana keadaan hati seseorang juga dapat mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh manusia. Hati yang tidak sehat dapat mengganggu ketenangan jiwa seseorang tanpa memandang usia. Oleh karena itu di Baitus Syifa menawarkan pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan ayat-ayat Alquran ini dikenal dengan Ruqyah shar’iyah. Untuk menyembuhkan hati yang tidak sehat. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penelitian ini adalah bagaimana ayat yang digunakan untuk pengobatan di Baitus syifa’, dan bagaimana alasan penggunaan ayat Alquran sebagai pengobatan di Baitus Syifa’. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian Filed research, dimana sumber data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian analisis data dilakukan setelah seluruh data dari lapangan terkumpul kemudian ditarik kesimpulan. Subyek dari penelitian ini adalah pengasuh Baitus Syifa’, mantan pasien serta warga sekitar sebagai sumber informan. Adapun sumber data sekundernya adalah referensi yang menjelaskan tentang Alquran sebagai obat. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman praktisi Rukiah terhadap ayat yang digunakan sebagai pengobatan dapat di analisa bahwa alquran merupakan obat penawar bagi segala penyakit baik medis ataupun non medis sebagaimana dijelaskan dalam surat al-Isra’ ayat 82 bahwa alquran diturunkan sebagai obat penawar bagi orang-orang yang beriman. Adapun Teknik penggunaannya adalah Adapun cara yang digunakan dalam pengobatan ini adalah seorang yang melakukan pengobatan dengan menggunakan ayat-ayat Alquran hendaknya sudah hafal dan memahami terkait ayat-ayat yang akan dibacakan Ketika melakukan pengobatan, harus memiliki hati yang ikhlas dan tidak mengharapkan sesuatu kepada selain Allah SWT, hendaknya menjaga ibadah shalat dan sunnah sunnah yang telah diajarkan oleh nabi Muhammad SAW.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Nashichatusrofiqohhumaira16@gmail.comE93216136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Pengobatan; Al-Quran; Living Quran; Rukiah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:14
Last Modified: 18 Dec 2023 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66810

Actions (login required)

View Item View Item