Pengaruh pemberian ekstrak kulit jeruk siam (citrus nobilis l.) dengan pelarut metanol, etil asetat, dan aquades terhadap histologi hepar mencit (mus musculus) yang diinduksi high fat diet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachamwati, Laily (2023) Pengaruh pemberian ekstrak kulit jeruk siam (citrus nobilis l.) dengan pelarut metanol, etil asetat, dan aquades terhadap histologi hepar mencit (mus musculus) yang diinduksi high fat diet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Rachmawati_09020120033 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Laily Rachmawati_09020120033 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penumpukan lemak pada hepar mampu menyebabkan kerusakan hepatosit yang merupakan tanda penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD). Salah satu pengobatan terapi yang dilakukan adalah dengan pengobatan tradisional menggunakan bahan alami, yaitu dengan ekstrak kulit jeruk siam (C. nobilis). Citrus nobilis diketahui mengandung senyawa polifenol berupa flavonoid, tanin, dan saponin yang mampu memperbaiki hepar yang mengalami kerusakan akibat High Fat Diet (HFD). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kulit jeruk siam (C. nobilis) dengan berbagai variasi pelarut terhadap histologi hepar mencit yang diinduksi High Fat Diet (HFD). Metode yang digunakan adalah dengan perlakuan pemberian ekstrak kulit jeruk siam pada kelompok perlakuan ekstrak etil asetat jeruk siam, ekstrak aquades, dan ekstrak metanol jeruk siam jeruk siam secara oral selama 7 hari untuk mengetahui pengaruhnya terhadap histologi hepar mencit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelarut metanol adalah pelarut terbaik yang mampu memperbaiki kerusakan sel hepar setelah pemberian High Fat Diet, dibandingkan dengan pelarut etil asetat, dan aquades. Persentase sel normal terbesar secara berurutan ditunjukkan dengan 86,10% pada pelarut metanol, 76,13% pada pelarut etil asetat, dan 66,26% pada pelarut aquades.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachamwati, Lailykailyyrachm.248@gmail.com09020120033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorPurnamasari, Risarisa.purnamasari89@yahoo.co.id--
Subjects: Biologi
Keywords: NAFLD; degenerasi sel; histologi hepar mencit; Citrus nobilis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Laily Laily Rachmawati
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:42
Last Modified: 22 Dec 2023 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66813

Actions (login required)

View Item View Item