Pengaruh self-compassion dan self-monitoring terhadap perilaku altruism pada dewasa awal pendonor darah di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Jala Senastri (2023) Pengaruh self-compassion dan self-monitoring terhadap perilaku altruism pada dewasa awal pendonor darah di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jala Senastri Putri_J91219108 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (13MB)
[img] Text
Jala Senastri Putri_J91219108.pdf

Download (14MB)

Abstract

Donor darah merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, dan alasan untuk melakukan donor darah juga bermacam-macam, seperti berkeinginan membantu orang lain dengan menyumbangkan darah yang dimiliki, memiliki pengalaman anggota keluarga membutuhkan darah tapi kehabisan dan sulit untuk mencari pendonor darah yang mau menyumbangkan darahnya, dan penghargaan sosial. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara self-compassion dan self-monitoring terhadap perilaku altruism pada dewasa awal pendonor darah di Surabaya. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Pengumpulan data menggunakan altruism scale, self-compassion scale, dan self-monitoring scale pada 347 pendonor darah (N=347). Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara self-compassion dan self-monitoring terhadap perilaku altruism pada dewasa awal pendonor darah (F=152,138; p>0,05; R2=0,469). Implikasi penelitian ini yaitu seseorang yang memiliki self-compassion dan self-monitoring cukup tinggi, menjadi salah satu dasar seseorang tersebut memiliki perilaku altruism (menolong).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Jala Senastrijalasenastri61@gmail.comJ91219108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Self-compassion; self-monitoring; altruism; pendonor darah; dewasa awal
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Jala Putri Jala Putri
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:55
Last Modified: 04 Jan 2024 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66818

Actions (login required)

View Item View Item