ملف في يوغللا بيذهتلا نوتراك وونارب و شيل ةيرظنب نييرس نب دممح (ةسارد ةيلوادت)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasary, Nur Ekta Dwi (2023) ملف في يوغللا بيذهتلا نوتراك وونارب و شيل ةيرظنب نييرس نب دممح (ةسارد ةيلوادت). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Wiko Hidayati_I91218088 OK.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Novita Wiko Hidayati_I91218088 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Kesantunan berbahasa adalah situasi yg diperlukan ketika berbicara dg mitra tutur sesuai dengan konteks yang sedang dibahas. Dengan memahami kesantunan bahasa, maka kita dapat menggunakan bahasa sesuai dengan lawan bicara. Film dapat mempengaruhi seseorang dalam perilaku dan komunikasi. Film kartun Muhammad Ibnu Sirin ini dipilih karena tokoh Muhammad Ibnu Sirin patut diteladani sebab memiliki akhlak yang mulia dan teguh pendirian yang sangat kuat. Karena itu, peneliti ingin membuktikan Maksim kesantunan dan skala kesantunannya. Maka Rumusan masalah pada penelitian adalah : bagaimana penerapan kesantunan bahasa dan skala kesantunan bahasa dalam film kartun Muhammad Ibnu Sirin. Pembuktian maksim kesantunan dan skala kesantunan tokoh Muhammad bin Sirin dalam film kartunnya dibedah dengan teori Geoffrey Leech dan Pranowo. Teori leech memiliki 6 maksim dalam kesantunan bahasa, sedangkan pranowo memiliki 5 sikap yang dapat dikatakan kesantunan bahasa. Sehingga peneliti menggabungkan 2 teori tersebut karna memiliki kesamaan dalam penentuan kesantunan bahasa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penulisan deskriptif yakni mendeskripsikan maksim-maksim dan skala yang digunakan dalam filmnya. Untuk melihat maksim dan skala tersebut maka menggunakan metode kualitatif. Hasil maksim dan skala yang digunakan adalah maksim kebijaksanaan, maksim pujian, maksim kedermawanan, maksim kesetujuan, maksim empan papan, maksim mawas diri, maksim kesimpatisan, maksim rendah hati. Serta terdapat skala ketidaklangsungan, skala untung-rugi, skala tingkat kekuasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasary, Nur Ekta Dwinurektadwipermatasary@gmail.comA91219106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Bahasa Arab
Film
Keywords: Pragmatik; Kesantunan Berbahasa; Film Kartun; Leech; Pranowo.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:18
Last Modified: 19 Dec 2023 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66825

Actions (login required)

View Item View Item