Valuasi ekonomi objek wisata Syifa di Kabupaten Gresik dengan metode biaya perjalanan: travel cost method

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilhamsyah, Edo (2022) Valuasi ekonomi objek wisata Syifa di Kabupaten Gresik dengan metode biaya perjalanan: travel cost method. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edo Ilhamsyah_H04218002 OK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Edo Ilhamsyah_H04218002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Objek wisata Syifa terletak di Desa Ngemboh, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Objek wisata Syifa menawarkan keindahan alam berupa hutan mangrove dan pesisir pantai. Keindahan alam pada dasarnya tidak terhitung menjadi nilai ekonomi atau tidak memiliki nilai pasar, sehingga pentingnya dilakukan valuasi ekonomi untuk mencapai pemanfaatan yang optimal dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik sosial ekonomi wisatawan dan penilaian wisatawan terhadap tempat wisata Syifa, mengidentifikasi faktor sosial ekonomi dan persepsi wisatawan yang mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan di tempat wisata Syifa, serta mengidentifikasi skala ekonomi secara kuantitatif dari tempat wisata Syifa melalui pendekatan biaya perjalanan. Penelitian ini dilakukan pada akhir bulan Juni hingga awal Juli 2022. Metode yang digunakan adalah metode biaya perjalanan dengan metode individual (Individual Travel Cost Method) sedangkan analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kunjungan. Data dikumpulkan dari 100 orang pengunjung tempat wisata Syifa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap tempat wisata Syifa adalah tempat wisata ini merupakan rekreasi alam yang dinilai aman, pelayanan petugas baik, lokasi mudah dijangkau, dan tempat wisata Syifa dirasa bersih. Pengunjung bersedia membayar tiket parkir sebesar Rp 10.000. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa lamanya mengunjungi lokasi wisata Syifa dipengaruhi oleh umur dan lamanya mereka mengenal tempat tersebut. Nilai ekonomi dari wisata Syifa sebesar Rp. 1.226.100.000 per tahun dengan nilai surplus konsumen Rp. 30.500 per individu kunjungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilhamsyah, Edoedoilhamsyah156@gmail.comH04218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, Abdulhalimwahid70@gmail.com2012087001
Thesis advisorFahmi, Muhammad Yunanmyunanf@gamil.com--
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Wisata Syifa; Travel Cost Method; Nilai Ekonomi Total; Surplus Konsumen.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Edo Ilhamsyah
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:15
Last Modified: 20 Dec 2023 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66830

Actions (login required)

View Item View Item