Analisa fungsi organizing di Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mayasaroh, Siti (2023) Analisa fungsi organizing di Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mayasaroh_B04219034 OK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Siti Mayasaroh_B04219034 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Organisasi merupakan ruang dimana manusia hidup berkelompok didalamnya dengan melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organizing atau pengorganisasian merupakan penentuan terhadap suatu pekerjaan yang dilaksanakan pada pengelompokan tugas yang telah dibagi kepada pihak-pihak terkait dengan tujuan agar peran yang ditetapkan secara struktur dapat diketahui dalam mencapai tujuan. Penelitian ini membahas mengenai pengorganisasian di Majelis Ulama Indonesia provinsi Jawa Timur. Tujuan didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana manfaat dari pengorganisasian atau organizing dan penerapannya terhadap keberlangsungan Majelis Ulama Indonesia provinsi Jawa Timur sebagai organisasi dalam mengemban kepentingan umat (Qiyadah al-ummah). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan transkrip data wawancara, catatan observasi dan dokumentasi berupa bukti yang berisi satu set dokumen resmi dengan mencari data mengenai hal yang berupa transkrip buku dan berupa foto. Teknik validasi data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan pemanfaatan dan penerapan pengorganisasian di Majelis Ulama Indonesia provinsi Jawa Timur yang bermanfaat serta penerapannya dalam keberlangsungan pengelolaan organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mayasaroh, Sitisitimayasaroh48@gmail.comB04219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunfalestien@uinsby.ac.id2014058201
Subjects: Manajemen Dakwah
Organisasi Masyarakat
Keywords: Organisasi; Pengorganisasian (Organizing)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Mayasaroh
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:47
Last Modified: 27 Dec 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66832

Actions (login required)

View Item View Item