Pesan dakwah dalam lirik lagu “Menuju Cahayamu” karya Adib Panjalu Sakanegara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

afrizal, Achmad (2023) Pesan dakwah dalam lirik lagu “Menuju Cahayamu” karya Adib Panjalu Sakanegara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Afrizal B01219003 OK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Achmad Afrizal B01219003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini adalah : bagaimanakah pesan dakwah dalam lirik lagu Menuju Cahayamu karya Adib Panjalu Sakanegara. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pesan dakwah dalam lirik lagu Menuju Cahayamu karya Adib Panjalu Sakanegara berdasarkan analisis simiotik Charles Sanders Pierce. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang masuk pada jenis penelitian analisis teks media. Kemudian data yang diperoleh tersebut diperoleh melalui dokumen penulis analisis dengan menggunakan metode analisis simiotik Charles Sander Pierce. Hasil penelitian yang ditemukan ini bahwa terdapat pesan dakwah lirik lagu Menuju Cahayamu karya Adib Panjalu Sakanegara yaitu taubat tindakan seseorang yang sadar akan kesalahannya, menyesali perbuatannya, dan memutuskan untuk mengubah perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan berkomitmen menjadi yang lebih baik. Taubat melibatkan niat untuk menebus kesalahan dengan melakukan amal kebaikan yang dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan. Rekomendasi dalam skripsi ini agar kedepanya dapat menjadi acuan kepada peneliti-peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji skripsi tentang pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu Menuju Cahayamu karya Adib Panjalu Sakanegara dengan metode analisis lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
afrizal, AchmadAchmadafrizal123@gmail.comb01219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Syaifudinsyaifudinzuhri@uinsby.ac.id2124106601
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; lirik; Simiotik Charles Sanders Pierce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Achmad Afrizal
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:02
Last Modified: 21 Dec 2023 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66842

Actions (login required)

View Item View Item