Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu "Bersyukur" Qhutbus Sakha: analisis Semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidah, Laila Anindhita (2023) Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu "Bersyukur" Qhutbus Sakha: analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Anindhita Abidah_B71219064 OK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Laila Anindhita Abidah_B71219064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu “Bersyukur” Qhutbus Sakha, yang merupakan lagu yang dinyanyikan oleh grup band Qhutbus Sakha melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Metode analisis menggunakan teori tanda-tanda yaitu melibatkan tanda, objek, dan interpretant yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis semiotika Charles Sanders Peirce mampu mengungkap makna yang tersembunyi dalam lirik lagu dan memperkuat pesan dakwah yang ingin disampaikan. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan tanda-tanda dalam lirik lagu sebagai sarana menyampaikan pesan dakwah kepada para pendengar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pesan dakwah akidah, akhlak dan indikator rasa syukur dalam lirik lagu “Bersyukur”. Adapun pesan dakwah akidah, akhlak dan indikator rasa syukur yaitu keyakinan bahwa semua pemberian berasal dari Allah SWT. Pesan dakwah akhlak yang meliputi akhlak terhadap Allah SWT dan akhlak terhadap sesama manusia. Pesan dakwah tentang pengungkapan rasa syukur atas segala nikmat-Nya antara lain melalui berdzikir, beribadah, ikhlas, bersabar, tabah, serta ajakan untuk bersyukur kepada Allah SWT. Dalam lagu ini juga mengandung larangan untuk melupakan Allah SWT, dan rendah hati sebagai bentuk pengungkapan rasa syukur. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah pengembangan lebih lanjut terhadap pesan dakwah menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce dan dapat memberikan kontribusi yang lebih komprehensif dalam memahami pesan dakwah melalui sudut pandang yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidah, Laila Anindhitalailaanindhitaa20@gmail.comB71219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pesan dakwah; bersyukur; bersabar; lirik lagu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Laila Anindhita Abidah
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:09
Last Modified: 22 Dec 2023 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66849

Actions (login required)

View Item View Item