Catcalling dan Representasi Pelecehan Verbal Seksis Dalam Dear David: Pendekatan Semiotika John Fiske

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Wanda (2023) Catcalling dan Representasi Pelecehan Verbal Seksis Dalam Dear David: Pendekatan Semiotika John Fiske. Pena Literasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2). pp. 132-140. ISSN 2614-8226

[img] Text
Wanda Hanifah_03020420040.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (633kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/ar...

Abstract

Meski membawa dampak buruk bagi mentalitas seseorang, nyatanya pelaku pelecehan seksual makin merajalela. Alih-alih memikirkan kondisi korban yang amat terpuruk dengan beberapa kemungkinan bisa saja terjadi: trauma, introver, bahkan bunuh diri. Artikel ini membahas fenomena catcalling dalam Dear David yang mengangkat isu orientasi seksual tiga remaja sekolah. Peran usia remaja mendominasi adanya berbagai tindakan seksual serta pengeksplorannya. Dalam perkembangannya, film juga menjadi cermin realita kehidupan bermasyarakat seperti Dear David memberikan wajah bahwa pelecehan tidak hanya berupa sentuhan fisik. Selain itu, Lucky Kuswandi juga mengangkat karakter laki-laki yang bisa menjadi korban pelecehan. Film tersebut dianalisis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma kritis untuk mengetahui catcalling sebagai bentuk pelecehan verbal menggunakan teori semiotika John Fiske. Rumusan masalah yang diangkat peneliti adalah bagaimana bentuk penerapan level semiotika yang diungkapkan Fiske dalam objek visual film Dear David. Fiske menyebutkan tanda dalam media massa atau televisi terdiri dari tiga level: level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian dengan teknik dokumentasi, catat dan observasi menunjukkan bahwa film yang rilis pada Februari 2023 ini merepresentasikan bentuk catcalling sebagai pelecehan verbal berupa bercanda, tatapan menggoda, menyampaikan atau menanyakan, mengkritik atau mengomentari fisik lawan maupun sesama jenis yang mengarah pada seksualitas sehingga membuat orang tidak nyaman di depan publik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Wandandahanifahhh@gmail.com03020420040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtikurrahman, Mohatiqurrahmann@gmail.com2007108504
Subjects: Gender
Media Massa
Seks
Film
Keywords: catcalling; semiotika; Dear David; John Fiske.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Wanda Hanifah
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:39
Last Modified: 27 Dec 2023 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66852

Actions (login required)

View Item View Item