Circle friendship dalam perubahan sikap remaja di wilayah bubutan Surabaya: kajian Ma‘anil Hadith dalam Kitab Sunan al Tirmidhi Nomor Indeks 1944 dengan Pendekatan Sosiologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irwanto, Agus (2023) Circle friendship dalam perubahan sikap remaja di wilayah bubutan Surabaya: kajian Ma‘anil Hadith dalam Kitab Sunan al Tirmidhi Nomor Indeks 1944 dengan Pendekatan Sosiologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus Irwanto_07040520072 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Agus Irwanto_07040520072 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Circle Friendship merupakan sekelompok individu yang berkomunikasi satu sama lain dan memiliki kesamaan mulai dari usia, mentalitas, minat, dan tingkat perkembangan yang sama. Circle Friendship terbentuk ketika merasa ada kesesuaian atau kecocokan antar individu. Circle Friendship tidak selalu mengarah kepada kebaikan tapi juga banyak ditemukan yang mengarah kepada kebaikan. Circle friendship dapat mengubah sikap seseorang terlebih lagi kepada remaja yang masih mencari jati diri. Circle Friendship dibahas dalam hadis riwayat Imam al-Tirmidhi nomor indeks 1944. Hadis tersebut menjelaskan bahwa sahabat yang baik adalah sahabat yang baik terhadap temannya serta selalu menuntun ke jalan-Nya Allah. Model penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian gabungan antara library research dengan field research. Dengan demikian, sumber data pada proses penelitian ini adalah literatur-literatur yang terkait dengan pembahasan. Selain itu, pada penelitian ini menggunakan sumber data berupa wawancara sebagai sumber data penunjangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti kualitas dan kehujjahan hadis riwayat Imam al-Tirmidhi nomor indeks 1944, meneliti pemahaman hadis riwayat Imam al-Tirmidhi nomor indeks 1944 dan juga menganalisis hadis tentang circle friendship mempengaruhi perubahan sikap remaja di wilayah Bubutan Surabaya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hadis riwayat Imam al-Tirmidhi nomor indeks 1944 berstatus s}ahi<h li ghairihi sehingga termasuk kedalam hadis yang diterima (maqbu>l) dan dapat dijadikan hujjah. Kedua, Hadis tersebut menjelaskan tentang sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah sahabat yang terbaik terhadap temannya serta selalu mengajak ke jalan-Nya Allah. Ketiga, Implementasi hadis terhadap circle friendship dalam perubahan sikap remaja di wilayah Bubutan surabaya adalah harus lebih selektif dalam memilih circle friendship karena di masa sekarang banyak ditemukan circle friendship yang dapat merusak sikap dan moral seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irwanto, Agusairwanto402@gmail.com07040520072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Golongan Sosial
Hubungan Masyarakat
Kenakalan Anak dan Remaja
Sosiologi
Keywords: Circle Friendship; Sunan al Tirmidhi; Konstruksi Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Agus Irwanto
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:32
Last Modified: 22 Dec 2023 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66857

Actions (login required)

View Item View Item