Manajemen pengambilan keputusan dalam menetapkan fatwa halal produk di Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Dian (2023) Manajemen pengambilan keputusan dalam menetapkan fatwa halal produk di Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Novitasari_B04219010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dian Novitasari_B04219010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan suatu proses pendekatan secara sistematis terhadap suatu permasalahan dengan menggunakan data dan fakta yang dianalisis untuk menghasilkan beberapa alternatif dan menjatuhkan pilihan pada salah satu alternatif yang paling tepat untuk dapat menjawab suatu permasalahan yang sedang terjadi. Penelitian ini membahas tentang proses dan teknik yang digunakan oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme dan penerapan proses serta teknik pengambilan keputusan dalam menetapkan fatwa halal produk. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari transkip data wawancara dan catatan observasi, coding wawancara, kategorisasi data dan dokumentasi berupa dokumen resmi mengenai buku pedoman dan foto serta analisis data. Teknik validitas data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur menggunakan proses tahapan berupa perumusan masalah, pengumpulan dan analisis data, membuat alternatif kebijkaan, memilih alternatif terbaik, pelaksanaan keputusan serta pemantauan dan evaluasi hasil pelaksanaan dalam pengambilan keputusan. Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur juga menerapkan teknik diskusi terbuka secara lisan dan apabila dikaitkan dengan teori mengarah pada teknik diskusi Bahtsul Masa’il dalam pengambilan keputusan pentapan fatwa halal produk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Diandianaisyah@gmail.comB04219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram@uinsby.ac.id2014127901
Subjects: Manajemen
Keywords: Proses pengambilan keputusan; teknik pengambilan keputusan; fatwa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Dian Novitasari
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:45
Last Modified: 22 Dec 2023 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66859

Actions (login required)

View Item View Item