Motif memakai emas pada laki-laki di Desa Bluto Sumenep: kajian Ma'ani al Hadith pada kitab Sunan Abu Dawud no.indeks 4057 dengan menggunakan teori fenomenologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawarda, Lisa (2023) Motif memakai emas pada laki-laki di Desa Bluto Sumenep: kajian Ma'ani al Hadith pada kitab Sunan Abu Dawud no.indeks 4057 dengan menggunakan teori fenomenologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisa Mawarda_07020520044.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lisa Mawarda_07020520044_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Emas merupakan sejenis logam yang menjadi symbol kekayaan harta setiap orang. Emas sudah banyak digunakan untuk berbagai tujuan seperti halnya dijadikan sebagai uang untuk urusan jual beli, simpanan dan ada juga yang dijadikan sebagai perhiasan untuk golongan wanita. Pada penelitian ini terdapat sebuah fenomena laki-laki memakai emas. Dengan demikian pembahasan pada penelitian ini terfokuskan kepada motif memakai emas pada laki-laki dengan melakukan kajian ma’a>ni al-h{adi>th yang dihubungkan menggunakan teori fenomenologi. Objek dari penelitian ini yaitu salah satu Desa Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode ma’a>ni> al-h{adi>th. Penelitian ini berangkat dari beberapa permasalahan yaitu bagaimana status kehujjahan dan kualitas hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 4057, bagaimana pemaknaan hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 4057, dan bagaimana kontekstualisasi hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 4057 terhadap motif memakai emas pada laki-laki di Desa Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama, kualita shadis tentang larangan memakai emas pada laki-laki riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 4057 memiliki status hadis h{asan lidzatihi, serta dinyatakan maqbu>l ma’mu>l bih. Kedua, Matan hadis dari riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 4057 menjelaskan bahwasanya Rasulullah melarang laki-laki memakai emas dan perak dikarenakan pada saat itu masyarakat Arab dalam transaksi jual beli. Memakai emas bagi laki-laki dapat diartikan sebagai tanda orang yang sombong. Kemudian larangan ini juga mencerminkan kekhawatiran Rasulullah terhadap penyerupaan laki-laki dengan perempuan. Ketiga, pemaknaan hadis dikontektualisasikan terhadap fenomena memkai emas pada laki-laki, bahwa penduduk Desa Bluto memakai emas dengan tujuan sebagai cara untuk memamerkan kekayaan dan rasa percaya diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawarda, Lisalisamawarda013@gmail.com07020520044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahimah, Rif'iyatulrifiyafahima@uinsby.ac.id--
Subjects: Hadis
Keywords: Emas; laki-laki; Desa Bluto Kecamatan bluto Kabupaten Sumenep; ma’ani al hadith; Abu Dawud
Depositing User: Lisa Mawarda
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:34
Last Modified: 22 Dec 2023 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66862

Actions (login required)

View Item View Item