Pelaksanaan pelatihan Asertif dan Dzikir dalam mengatasi stres pada seorang pemuda di Gunung Anyar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulmy, Kurnia Fatikhatus (2023) Pelaksanaan pelatihan Asertif dan Dzikir dalam mengatasi stres pada seorang pemuda di Gunung Anyar Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Kurnia Fatikhatus Zulmy_B03219027.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Kurnia Fatikhatus Zulmy_B03219027_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2026.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pelatihan asertif dan dzikir dalam mengatasi stres pada seorang pemuda di gunung anyar surabaya serta bagaimana hasil pelaksanaan pelatihan asertif dan dzikir dalam mengatasi stres pada seorang pemuda di gunung anyar surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan perbandingan perilaku konseli sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling. Hasil dari pelaksanaan pelatihan asertif dan dzikir dalam mengatasi stres pada seorang pemuda dapat diketahui dari perubahan perilaku konseli sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan konseling. Konseli sebelum melakukan konseling memiliki inti masalah stres yang berdampak menjadi individual dan mudah overthinking. Setelah melakukan kegiatan konseling terdapat beberap perubahan perilaku seperti: konseli jadi lebih terbuka pada keadaan dan aktif untuk bersosialisasi, tidak egois selalu memperhatikan atau menghargai orang disekitar, lebih percaya diri, dan mudah berkonsentrasi. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksaan latihan asertif dan dzikir cukup membantu untuk mengurangi stres pada pemuda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulmy, Kurnia FatikhatusKurniazulmy06@gmail.comB03219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah, Remaja
Keywords: Latihan asertif; dzikir; stres
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kurnia Fatikhatus Zulmy
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:26
Last Modified: 22 Dec 2023 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66863

Actions (login required)

View Item View Item