Implementasi kurikulum ilmu agama islam berbasis KKNI studi kasus di Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadlir, Nadlir (2020) Implementasi kurikulum ilmu agama islam berbasis KKNI studi kasus di Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadlir_F23116089 OK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Nadlir_F23116089 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kegelisahan akademik tentang potensi kegagalan membangun kesinambungan antara gagasan besar dalam dokumen kurikulum Ilmu Agama Islam berbasis KKNI di Prodi PAI dan PMT dengan implementasi dalam kegiatan pembelajaran. Potensi ini menjadi menarik ditelusuri, karena implementasi yang tidak selaras dengan dokumen berakibat pada kegagalan untuk menghasilkan capaian yang diharapkan. Fokus penelitian ini dilakukan untuk menjawab tiga permasalahan pokok, yaitu; 1) Bagaimana implementasi kurikulum Ilmu Agama Islam berbasis KKNI di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya?; 2) Bagaimana implementasi Kurikulum Ilmu Agama Islam di Program Studi Pendidikan Matematika FTK UINSA Surabaya?; dan 3) Faktor apa saja yang menjadi variabel sistemik dalam implementasi kurikulum ilmu agama Islam berbasis KKNI di Program Studi PAI dan PMT FTK UINSA Surabaya?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case studies) dengan mengikuti model tahapan yang dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam yang dikenal dengan teori CIPP (context, input, process, dan product). Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga bagian. Pertama, konteks, input, proses, dan produk merupakan tahapan yang telah dilalui oleh setiap dosen pengampu mata kuliah Ilmu Agama Islam di Prodi PAI. Kedua, dosen pengampu mata kuliah ilmu agama Islam di Prodi PMT juga melakukan tahapan yang sama. Ketiga, Berdasarkan tahapan CIPP, implementasi kurikulum rumpun ilmu agama Islam berbasis KKNI telah berjalan di Prodi PAI dan PMT. Implementasi tersebut dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat yang bersifat struktural maupun kultural. Rektorat, Fakultas, Prodi berperan sebagai pendukung berdasarkan peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Komitmen sebagian dosen untuk berubah juga menjadi faktor pendukung. Sementara. faktor penghambat, seperti pendelegasian kewenangan kepada LPM sebagai institusi penggerak utama di level kampus dan Tim Pengembang Kurikulum di level jurusan. Mind set para dosen pengampu dan kurangnya pengetahuan serta tata kelola infrastruktur yang kurang optimal juga menjadi penghambat. Temuan penelitian ini melahirkan implikasi teoritik bahwa dosen pengampu mata kuliah Ilmu Agama Islam bukan sebagai variabel satu-satunya dalam keberhasilan atau sebaliknya dalam implementasi kurikulum. Disertasi ini menghadirkan perspektif teoritik baru bahwa implementasi kurikulum sangat ditentukan oleh system of variables, baik struktural maupun kultural.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.idF23116089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Subjects: Islam
Kurikulum
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: KKNI; Kurikulum Keislaman; PAI; PMT; implementasi; dan CIPP
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I Nadlir Nadlir
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:23
Last Modified: 08 Jan 2024 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66874

Actions (login required)

View Item View Item