Implementasi zikir istighfar sebagai bentuk coping religious dalam menangani post traumatic stress disorder pada mahasiswa korban Doxing Social Media: kajian ma’ani al hadis riwayat Ahmad nomor indeks 2123 dengan pendekatan psikologi islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifah, Afro' Anzali Nurizzati (2023) Implementasi zikir istighfar sebagai bentuk coping religious dalam menangani post traumatic stress disorder pada mahasiswa korban Doxing Social Media: kajian ma’ani al hadis riwayat Ahmad nomor indeks 2123 dengan pendekatan psikologi islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afro' Anzali Nurizzati Arifah_07040520071 OK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
Afro' Anzali Nurizzati Arifah_07040520071 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Zaman semakin berkembang, teknologi pun semakin canggih sehingga mempermudah kinerja para pengguna nya. Akan tetapi, tidak semua digunakan dengan baik, beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan teknologi sebagai jalan untuk menghancurkan seseorang melalui social media. Hal ini membuat sebagian orang yang tidak bisa menerima dengan baik akhirnya memiliki gangguan mental, salah satu nya adalah post traumatic stress disorder (gangguan kecemasan berupa stress pasca trauma). Seseorang yang menjadi korban ini merasakan trauma sehingga mengganggu mental nya. Oleh karena itu, dalam hadis Riwayat Ahmad nomor indeks 2123 dijelaskan bahwa dengan ber-istighfar mampu menenangkan jiwa, begitupun pada keutamaan-keutamaan istighfar lainnya. Pada penelitian ini, peneliti menjadikan istighfar sebagai bentuk coping religious dalam menangani post traumatic stress disorder pada diri seseorang. Kegiatan ini merupakan sebuah terapi mandiri yang dilakukan korban dengan memasukkan unsur-unsur keagamaan sebagai sumber kekuatan. Selain itu, penelitian ini berusaha memahami hadis tersebut dalam konteks ini. Model penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian double methode, yaitu library research dan field research. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tokoh Khairunnas Rajab. Data yang didapat berasal dari kitab, buku, jurnal dan sumber pendukung lainnya, seperti alat ukur yang digunakan dalam penelitian psikologi ini, wawancara terhadap informan, kuisioner sebagai bentuk observasi efektif tidak nya istighfar ini. Tujuan dari ada nya penelitian ini adalah untuk mengetahui kehujjahan serta kualitas hadis riwayat Ahmad nomor indeks 2123, memberi pemahaman atas hadis tersebut sebagai bentuk motivasi nyata bahwa istighfar dapat menenangkan jiwa, dan mengetahui efektif menjadi terapi mandiri (coping religious) seseorang yang mengalami gangguan kecemasan seperti post traumatic stress disorder. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa istighfar cukup efektif sebagai bentuk coping religious dalam menangani post traumatic stress disorder pada mahasiswa korban doxing social media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifah, Afro' Anzali Nurizzatiafroanzalina@gmail.com07040520071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Depresi
Psikologi Islam
Terapi
Keywords: Istighfar; post traumatic stress disorder; musnad Ahmad.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Afro' Anzali Nurizzati Arifah
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:24
Last Modified: 22 Dec 2023 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66877

Actions (login required)

View Item View Item