Penerapan metode talaqqi dalam program kelas tahfidz juz 30 kelompok B di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Tri Aditiyas (2023) Penerapan metode talaqqi dalam program kelas tahfidz juz 30 kelompok B di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Aditiyas Indriani_D99219072 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (1MB)
[img] Text
Tri Aditiyas Indriani_D99219072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan Metode Talaqqi Program Kelas Tahfidz Juz 30 di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pengetahuan anak dalam membaca Al-Qur'an yaitu pengucapan makharijul huruf dan tajwid belum tepat. Dalam pembelajaran al-Qur‘an, metode talaqqi adalah metode yang paling tepat bahkan wajib. Hal ini khususnya dalam pembelajaran membaca dan menghafal al- Quran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‘an, untuk mengetahui Pengaruh implementasi metode talaqqi terhadap tahfidz al-Qur‘an dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran tahfidz al-Qur‘an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi / menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Talaqqi RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik Pelaksanaan pembelajaran tahfiz dengan metode Talaqqi di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. faktor pendukung pembelajaran tahfidz al-Qur‘an dengan metode talaqqi yaitu kemampuan dan semangat yang tinggi untuk menghafal al-Qur‘an serta dukungan dari orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran tahfidz yaitu rasa capek pada diri siswa dan kurangnya partisipasi dari orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Tri Aditiyastyasindriya123@gmail.comD99219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Al-Qudus Nofiandri Eko-197311162007101001
Thesis advisorAzis, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Metode talaqqi; program kelas tahfidz juz 30
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: tri aditiyas indriani
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:54
Last Modified: 29 Dec 2023 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66888

Actions (login required)

View Item View Item