Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi REBT teknik cognitive disputation untuk meningkatkan percaya diri seorang santri di Pondok Pesantren Banu Hasyim Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Afifah Sofyana (2023) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi REBT teknik cognitive disputation untuk meningkatkan percaya diri seorang santri di Pondok Pesantren Banu Hasyim Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Afifah Sofyana Rahma_B03219003.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Afifah Sofyana Rahma_B03219003_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Studi ini berfokus pada bagaimana masalah rasa percaya diri rendah dialami konseli yang muncul akibat dari pengalaman sebelumnya yaitu mengalami bulliying dan kurangnya dukungan dari orang-orang yang paling berarti bagi mereka serta orang lain di sekitar mereka. Selain itu metode penanganan masalah kurangnya percaya diri ini yaitu dengan memanfaatkan pendekatan bimbingan dan konseling islam serta teknik cognitive disputation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunaan analisis deskriptif kasus seorang santri yang kurang percaya diri di pondok pesantren Banu Hasyim Sidoarjo. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini ialah deskriptif komparatif, yaitu membandingkan keadaan sebelum proses konseling dan sesudahnya. Proses konseling di lakukan dengan tahap Identifikasi masalah, Prognosis ,Diagnosis , Treatment atau Terapi, dan Evaluasi. Treatmen atau Terapi di lakukan dengan Teknik Cognitive Disputatuion untuk meningkatkan percaya diri seorang santri. Hasil dari proses konseling kali ini dengan menggunkan teknik cognitive disputation dalam menumbuhkan sikap percaya diri seorang santri di pondok pesantren banu hasyim dapat dikatakan berhasil dikarenakan dapat memberikan dampak yang positif bagi konseli agar lebih percaya diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Afifah SofyanaAfifahrahma74@gmail.comB03219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah - Psikoterapi
Keterampilan
Keywords: Rational emotive behaviour therapy; cognitive; disputatuion; percaya diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Afifah Sofyana Rahma
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:26
Last Modified: 27 Dec 2023 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66902

Actions (login required)

View Item View Item