Analisis kondisi Mangrove dan karakteristik sedimen berdasarkan kandungan Nitrat dan Fosfat di Pulau Lusi Tlocor Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahro, Ayu Fatimah (2022) Analisis kondisi Mangrove dan karakteristik sedimen berdasarkan kandungan Nitrat dan Fosfat di Pulau Lusi Tlocor Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Fatimah Azzahro_H04219005 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ayu Fatimah Azzahro_H04219005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Karakteristik sedimen dan bahan organik adalah salah satu parameter yang penting dalam pertumbuhan mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis vegetasi mangrove, karakteristik sedimen, serta kandungan nitrat fosfat berdasarkan kerapatan mangrove dan karakteristik sedimen di ekosistem mangrove Pulau Lusi Sidoarjo. Untuk mendapatkan kerapatan mangrove menggunakan metode plot transek garis. Uji karakteristik sedimen menggunakan metode pengayakan kering, uji nitrat dan fosfat menggunakan metode kjeldahl. Seluruh data dianalisis secara deskriptif. Jenis mangrove yang ditemukan ialah Avicennia marina, Rhizophora mucronata, Sonneratia alba, Avicennia alba, Acanthus ilicifolius, dan Acanthus ebracteatus vahl. Luasan mangrove pada lokasi penelitian ialah 94 ha dengan tingkat kerapatan pohon kategori “jarang” 960 ind/ha, “sedang” 1200 ind/ha dan kategori “rapat” 1760 ind/ha. Karakteristik sedimen pada lokasi penelitian yang memiliki tingkat kerapatan mangrove “rapat” ialah lanau (clay) sedangkan karakteristik sedimen pada kerapatan mangrove “sedang” dan “jarang” yaitu pasir (sand). Kandungan nitrat dan fosfat pada sedimen di Pulau Lusi masing-masing berkisar antara 25,41 ‐ 60,64 mg/L dan 11,94 mg/L – 23,37 mg/L. Kerapatan mangrove dengan kandungan nitrat dan fosfat tidak berkorelasi berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, sedangkan kandungan nitrat dan fosfat berkorelasi positif dengan karakteristik plot dengan nilai R² masing-masing sebesar 0,4931 dan 0,2234.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahro, Ayu Fatimahayufaaz277@gmail.comH04219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id201409003
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id--
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Lingkungan Hidup
Ekologi
Keywords: Mangrove; Sedimen; Nitrat; Fosfat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ayu Fatimah Azzahro
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:38
Last Modified: 29 Dec 2023 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66913

Actions (login required)

View Item View Item