Kajian living hadis dalam ijazah hilyah terhadap pembentukan akhlak santri di pesantren kaligrafi Denanyar Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Vira Dindia (2023) Kajian living hadis dalam ijazah hilyah terhadap pembentukan akhlak santri di pesantren kaligrafi Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vira Dindia Arianti_07020520068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (2MB)
[img] Text
Vira Dindia Arianti_07020520068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak aplikasi kaligrafi secara digital yang sangat membantu manusia akan tetapi perlu di perhatikan kembali, terutama dalam aspek kemurnian ilmu kaligrafi. karena salah satu cara memahami konsep seni kaligrafi yang benar adalah dengan menggunakan metode yang benar. Selain itu ilmu kaligrafi memerlukan buku dan buku ibarat guru, namun buku tidak akan pernah bisa menggantikan kedudukan guru. Sebab guru bukan hanya sekedar sumber informasi tetapi juga sumber nilai, dan teladan hidup. Untuk mempelajari khat selain memilih bahan dan buku juga memerlukan metode yang sesuai, salah satunya adalah metode klasik (manhaj taqlidiy). Jadi, dengan metode taqlidiy ini, siswa akan mengetahui bagian mana letak kesalahan dan ada peran guru untuk membimbing. Ilmu kaligrafi tidak hanya menjadi seni visual saja, tetapi bagian dari seni yang mengandung nilai jiwa. Di Pondok Pesantren Kaligrafi SAKAL Jombang ketika selesai pembelajaran kaligrafi selalu menyusun ijazah hilyah yang di dalamnya berisikan tentang hadis yang menjelaskan sifat-sifat teladan Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui keterkaitan sifat teladan Nabi Muhammad SAW dalam ijazah hilyah pada pembentukan akhlak santri. Model penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitin library research, sumber data proses penelitian ini adalah literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Untuk menunjang kajian lapangan, penelitian ini menggunakan sumber data berupa wawancara dan observasi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, memaparkan ijazah hilyah di Pesantren Kaligrafi Denanyar Jombang. Kedua, makna hadis riwayat imam at-tirmidhi no indek 3638. Ketiga, penerapan dari makna hadis riwayat imam at-tirmidhi no indek 3638. Keempat, analisis kajian living hadis dalam ijazah hilyah terhadap pembentukan akhlak santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Vira Dindiadindiaarianti123@gmail.com07020520068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar-2005076201
Subjects: Agama
Bimbingan Belajar
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Living hadis; ijazah hilyah; akhlak santri
Depositing User: Vira Dindia Arianti
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:31
Last Modified: 29 Dec 2023 09:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66931

Actions (login required)

View Item View Item