Kinerja UMKM di Kampung Wisata Batik Pesindon Pekalongan Perspektif Etika Bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismi, Yunzil Aenul (2023) Kinerja UMKM di Kampung Wisata Batik Pesindon Pekalongan Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunzil Aenul Ismi_ G04219082 OK.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Yunzil Aenul Ismi_ G04219082 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan kualitatif deskriptif dengan menerapkan teknik pengumpulan data, pengamatan atau observasi dan wawawancara yang dilakukan antara peneliti dengan pemilik usaha batik maupun pihak pengelola pada usaha batik UMKM Batik Pesindon Pekalongan. Penelitian ini menngunakan dua sumber data yaitu data primer jumlah usaha butik pada kampung wisata batik Pesindon serta dokumentasi penelitian, data sekunder yang didapatkan dari dinas koperasi dan UMK kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja UMKM batik Pesindon Pekalongan seluruhnya telah dilakukan dengan perspektif Balance Scorecard, namun diperlukan adanya pengkajian ulang yang masih perlu diperhatikan pada prespektif keuangan dan keperdulian para pemilik butik maupun pengelola usaha butuk dalam memperhatikan kondisi pertanggungjwaban kepada lingkungan yang harus ditingkatkan. Sedangkan kinerja UMKM batik Pesindon Pekalongan bila ditinjau dari etika bisnis Islam sudah dilaksanakan dengan baik dan benar. Dari sudut pandang etika bisnis Islam mempengaruhi terbentuknya kinerja sehingga memiliki dampak pengaruh dalam jumlah kenaikan pada kinerja pelanggan. Dengan hasil penelitian yang diperoleh maka disarankan kepada para pelaku usaha UMKM Batik Pesindon Pekalongan agar tetap memperhatikan bentuk pertanggungjwaban kinerja dan memperhatikan etika bisnis Islam dengan menyeluruh serta konsisten agar usaha yang dijalankan akan tetap berkembang dan maju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismi, Yunzil Aenulg04219082@student.uinsby.ac.idG04219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Dagang
Ekonomi Islam
Industri Kecil
Etika
Keywords: Kinerja UMKM; Balance Scorecard; Etika bisnis Islam .
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunzil Aenul Ismi
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:47
Last Modified: 29 Dec 2023 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66952

Actions (login required)

View Item View Item