Transformasi dakwah dan kerygma era digital di Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Novilatul (2023) Transformasi dakwah dan kerygma era digital di Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novilatul Maghfiroh_07020220038.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Novilatul Maghfiroh_07020220038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tranformasi merupakan sebuah proses perubahan yang relevan baik organisasi, individu maupun komunitas. Transformasi mengacu dan melibatkan suatu perubahan dalam konteks agama, politik, budaya, dan lain sebagainya. Namun, transformasi pada penelitian ini berfokus pada proses perubahan praktik penyebaran agama di Babat, baik agama Islam, Kristen Pentakosta dan Katolik. Salah satu bentuk praktik penyebaran keagamaan agama Islam yaitu berupa dakwah, untuk agama Kristen Pentakosta dan Katolik disebut sebagai kerygma. Dakwah dan kerygma ini adalah sebuah bentuk panggilan, kabar suka cita, seruan, serta ajakan para tokoh agama ke jamaahnya untuk mengamalkan dan membangkitkan keyakinan pada agama yang diyakini. Bentuk transformasi dakwah dan kerygma ini terletak pada karakteristik dan sarana media yang digunakan, di mana pada masa konvensional dakwah dan kerygma masih dilakukan secara manual, privalety serta menggunakan konsep majelis, namun para tokoh agama di Babat sebagian sudah mengenal dan memanfaatkan teknologi digital, meskipun tidak menyeluruh seperti penyiaran radio dan pembuatan buku pribadi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori digital religion milik Heidi A. Campbell serta menggunakan pendekatan fenomenologi dan metode kualitatif dalam mengumpulkan data melalui observasi di lokasi, dokumen pribadi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen resmi lainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses transformasi dengan perkembangan zaman yang semakin maju, para tokoh agama di Babat telah berhasil membawa dakwah dan kerygma pada ruang lingkup digital. Di mana penyebaran nilai-nilai keagamaan sudah memanfaatkan beberapa fitur teknologi digital seperti platform, website, podcast, dan lain sebagainya. Sehingga dakwah dan kerygma telah menjadikan sebuah gamifikasi atau pendekatan yang menarik minat dan perhatian para jamaah, serta penggunaan teknologi seperti augmented reality untuk membuat pengalaman dakwah dan kerygma yang lebih interaktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Novilatulnovilatulmaghfiroh@gmail.com07020220038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Budaya - Agama
Pluralisme
Toleransi
Keywords: Transformasi; dakwah; keryma
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Novilatul Maghfiroh
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:48
Last Modified: 05 Feb 2024 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67025

Actions (login required)

View Item View Item