Metodologi penafsiran buku misteri surah Yasin karya Achmad Chodjim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al'Ulum, Muhammad Ziyad (2024) Metodologi penafsiran buku misteri surah Yasin karya Achmad Chodjim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ziyad Al'Ulum_07020320062.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Ziyad Al'Ulum_07020320062_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Surah Yasin adalah merupakan surah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallahu’Alaihi Wassallam yang terdiri dari 83 ayat. Surah Yasin merupakan surah didalam Al Qur’an yang paling banyak dibaca oleh umat islam setelah surah Al Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-nas. Pada umumnya surah Yasin dibaca dan dilantunkan pada malam jumat, saat seseorang menjelang ajal, dan pada saat acara peringatan kematian seseorang. Sehingga membuat salah satu tokoh yakni Achmad Chodjim mencoba untuk berusaha memahami makna dan maksud surat Yasin dengan merangkai buku yang berjudul Misteri surah Yasin: Mengerti Kekuatan Jantung Al Qur’an dalam kehidupan. Meskipun apabila dilihat dari jejak keilmuannya adalah pertanian agronomi dan bukan dari keilmuan tafsir. Sehingga dirumuskan beberapa rumusan masalah seperti berikut: 1) Bagaimana metodologi penafsiran Achmad Chodjim atas surah Yasin?, 2) Bagaimana kualifikasi buku Misteri surah Yasin sebagai buku tafsir?. Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang bersifat kepustakaan (Library Research) yang menjawab 2 rumusan permasalahan diatas tentang metodologi penafsiran Achmad Chodjim untuk memahami surah Yasin didalam bukunya dengan merujuk kepada teori metodologi penafsiran yang dirangkai oleh Islah Gusmian dalam bukunya “Khazanah tafsir Nusantara: dari hermeneutic hingga ideology”. Maka dari itu pengumpulan data dapat diperoleh dengan meneliti metodologi penafsiran Achmad Chodjim atas surah Yasin dengan merujuk teori-teori metodologi penafsiran Islah Gusmian yang sering digunakan untuk mengetahui metodologi penafsiran di Nusantara. Hasil yang ditemukan dari aspek hermeneutic adalah Achmad Chodjim menggunakan pemikirannya dan pendekatan semantik untuk menafsirkan surah Yasin yang bernuansakan sosial-kemasyarakatan, dengan penafsiran tekstualnya. dari aspek penulisan, Misteri surah Yasin tergolong kedalam tematik klasik dalam sistematika penyajiannya dengan bentuk penyajian tafsir yang rinci. Gaya Bahasa yang digunakan dalam Misteri surah Yasin adalah gaya Bahasa popular dengan bentuk penulisan tafsir ilmiah dikarenakan adanya catatan kaki dan lainya. Chodjim adalah mufasir yang individual atau menulis tafsir sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak lain yang mana asal-usul Chodjim sendiri itu bukanlah dari disiplin ilmu Tafsir. Asal-Usul buku ini sendiri bukanlah untuk kepentingan skripsi, tesis atau lainnya sehingga tergolong non-akademik. Sebagai rujukan penafsiran, Chodjim memakai karya-karya tafsir modern dan buku-buku non-tafsir. Kualifikasi Buku Misteri surah Yasin dapat dikatakan sebagai buku tafsir dengan berbagai data yang ada sehingga patut untuk dijajarkan dengan kitab tafsir lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al'Ulum, Muhammad Ziyadziyadrukem@gmail.com07020320062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.myardho@gmail.com2110068501
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Surah Yasin; metodologi penafsiran; Achmad Chodjim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Ziyad Al'Ulum
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:14
Last Modified: 08 Jun 2024 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67034

Actions (login required)

View Item View Item