Relevansi shalawat dan self regulation pada jamaah Fatayat NU Margoagung Sumberrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Dini Putri (2023) Relevansi shalawat dan self regulation pada jamaah Fatayat NU Margoagung Sumberrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Putri Wulandari_07020620023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dini Putri Wulandari_07020620023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami keterkaitan antara praktik Shalawat dan self regulation atau regulasi diri pada anggota Jamaah Fatayat NU Margoagung. Fokus utama adalah mengidentifikasi bagaimana praktik keagamaan, khususnya Shalawat, dapat berperan dalam meningkatkan atau memodulasi kemampuan regulasi diri individu dalam konteks kehidupan berjamaah. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus mencakup wawancara mendalam, analisis survei, dan observasi partisipatif terhadap aktivitas sehari-hari jamaah. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak praktik shalawat yang dianggap membawa kedamaian hati dan membantu dalam mengelola emosi, shalawat memengaruhi regulasi moral dan perilaku, aktivitas spiritual seperti shalawat dapat meningkatkan kesadaran diri dan pemahaman terhadap nilai-nilai etika, serta dapat memberikan perasaan keseimbangan psikologis dan kepercayaan diri. Temuan dari penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang hubungan antara dimensi keagamaan dan regulasi diri, serta implikasinya terhadap pengembangan pribadi dan dinamika sosial di dalam komunitas keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Dini Putridiniputriwulandari02@gmail.com07020620023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahal, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Masyarakat Islam
Psikoterapi
Tasawuf
Keywords: Psikoterapi; relevansi shalawat; self regulation
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dini Putri Wulandari
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:37
Last Modified: 05 Feb 2024 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67036

Actions (login required)

View Item View Item