تلبية لوسيان احتياجاتها النفسية في رواية " لا تتركوني هنا وحدي" لإحسان عبد القدوس (دراسة نفسية أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Fauzia nur (2023) تلبية لوسيان احتياجاتها النفسية في رواية " لا تتركوني هنا وحدي" لإحسان عبد القدوس (دراسة نفسية أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauzia Nur Isnaini_A71219046.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Fauzia Nur Isnaini_A71219046_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

“La tatrukuni huna wahdi” adalah novel karya Ihsan Abdul Quddus yang menceritakan kisah hidup seorang perempuan yahudi bernama Luciana yang kemudian berganti nama menjadi Zainab setelah berpindah agama islam. Luciana mempunyai ambisi yang besar untuk mendapatkan kedudukan yang tinggi dalam masyarakat kelas atas Yahudi, sehingga membuatnya melakukan segala upaya agar keinginannya terpenuhi. Namun setelah dia mendapatkan kekayaan dan tempat di masyarakat, ia justru merasa kesepian hingga akhir hidupnya. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan luciana tidak merasa bahagia meskipun sudah mendapatkan segala keinginan serta kebutuhannya. Peneliti menggunakan teori psikologi humanistik Abraham Maslow dalam penelitian ini dengan rumusan masalah (1) apa saja kepribadian luciana dalam novel “la tatrukuni huna wahdi” (2) apa saja bentuk pemenuhan kebutuhan luciana dalam novel “ la tatrukuni huna wahdi” berdasarkan teori hirearki kebutuhan abraham maslow. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode dekriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data berupa novel “la tatrukuni huna wahdi”. Data yang dikumpulkan berupa katakata atau kutipan. Teknik pengumpulan data berupa teknik kepustakaan dan catat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa 1) kepribadian Luciana dipengaruhi oleh motivasi dari dalam dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dapat diorganisasikan dalam sebuah tingkatan. Kepribadian Luciana yang paling menonjol adalah suka bersenang-senang, realistis, ambisius, cerdas, tidak taat pada agama dan juga percaya diri. (2) luciana mampu memenuhi kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan kasih sayang serta kebutuhan penghargaan. Namun ia tidak bisa memenuhi tingkatan kebutuhan paling atas yaitu kebutuhan aktualisasi diri. Itulah penyebab hingga akhir hidupnya luciana merasa tidak bahagia karena ia tidak dapat memenuhi kebutuhan aktualisasi diri

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Fauzia nurFauzianur597@gmail.comA71219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Thesis advisorMufid, NurNurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Kesusastraan
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Psikologi
Keywords: Psikologi sastra; hirearki kebutuhan; novel La tatrukuni huna wahdi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fauzia Nur isnaini
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:04
Last Modified: 05 Feb 2024 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67039

Actions (login required)

View Item View Item