Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasrullah, Aulia Syahda (2023) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Syahda Nasrullah_06040720068 OK.pdf

Download (585kB)
[img] Text
Aulia Syahda Nasrullah_06040720068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah kurangnya keharmonisan keluarga peserta didik, sehingga dapat membuat motivasi belajar peserta didik rendah. Indikasinya adalah terdapat peserta didik yang tidak fokus saat kegiatan belajar berlangsung, mengantuk, suka membolos dan sibuk sendiri dengan dunianya. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah suasana yang harmonis bersama dengan keluarga dirumah.Untuk dapat menciptakan keluarga yang harmonis adalah menciptakan kehidupan keagamaan bersama keluarga, mempunyai komonikasi yang baik dengan anggota keluarga, mempunyai banyak waktu dengan keluarga serta minimnya konflik yang minim yang terjadi dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Badrussalam Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif tipe korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas atas dengan jumlah 111 peserta didik di MI Badrussalam Surabaya. Sampel penelitian ini berjumlah 33 peserta didik kelas atas di MI Badrussalam Surabaya. Teknik pengumpulan data untuk variabel X dan variabel Y diambil dengan menggunakan angket. Teknik analisis pada data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai keharmonisan keluarga adalah sebesar 92,66 dan rata-rata nilai motivasi belajar adalah 52,30. Uji validitas penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan hasil Rtabel = 0,344 dengan sig. nilai 5%.Selanjutnya pada uji normalitas menunjukkan hasil pada variabel X sebesar 0,064 dan pada variabel Y sebesar 0,320 yang berarti bahwa variabel X dan variabel Y dinyatakan normal. Hasil uji-t ditemukan bahwa nilai sig. 0,000< 0,05, maka nilai H1 pada penelitian ini diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasrullah, Aulia Syahdaaulia.syahda26@gmail.com06040720068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Keluarga > Keluarga - Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Keharmonisan Keluarga; Motivasi Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Syahda Nasrullah
Date Deposited: 07 Jan 2024 10:55
Last Modified: 07 Jan 2024 10:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67050

Actions (login required)

View Item View Item