Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Kharisma Diarno (2023) Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Diarno Putri_D93219083.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Kharisma Diarno Putri_D93219083_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Banyaknya madrasah yang muncul membuat persaingan madrasah sebagai jasa pendidikan semakin ketat. Maka diperlukan strategi pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan daya saingnya untuk menjaga eksistensi madrasah merebut perhatian masyarakat. Peneliti memilih Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo karena madrasah ini digolongkan sebagai sekolah menengah atas berbasis islam yang unggul dari segi kualitas siswanya, sehingga strategi pemasaran menjadi aspek yang menarik dan penting untuk dikaji lebih dalam khususnya dalam bidang pendidikan. Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) Memaparkan strategiipemasaran jasa pendidikan di Madrasah AliyahiBilingual Muslimat NUiSidoarjo (2) Mendeskripsikanipeningkatan daya saing di Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo (3) Menganalisis strategiipemasaran jasa pendidikanidalam meningkatkanidaya saing dii Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pegumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini diantaranya Kepala Madrasah, Waka Humas, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, serta Waka Sarana dan Prasarana. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan strategi pemasaran jasa pendidikan, madrasah menggunakan alat pemasaran dengan unsur-unsur yang sangat penting yakni 7P bauran pemasaran. Namun, yang ditemukan oleh peneliti dalam pelaksanaan strategi pemasaran terdapat 5 bauran pemasaran. Diantaranya Product, Place, Price, Promotion, dan Process. Madrasah sangat memperhatikan produk serta harga yang dipaparkan. Promosi yang dilakukan oleh madrasah juga berbagai macam baik secara online maupun offline. Madrasah selalu memberikan layanan yang baik dilihat dari kualitas pendidik dan tenaga pendidikan yang ada. Dalam meningkatkan daya saingnya, tentu madrasah tak lepas dari kualitas sarana dan prasarana serta kualitas pendidik dan siswa yang memiliki peran penting dalam kegiatan proses belajar mengajar. Prestasi yang diperoleh madrasah juga cukup banyak. Dengan kondisi saat ini, madrasah dalam mengimplementasikan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saingnya fokus dan tetap konsisten untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas madrasah baik secara sumber daya manusia dan juga kualitas sarana dan prasarana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Kharisma Diarnokharismadp12@gmail.comD93219083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulnuril.huda@uinsby.ac.id2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilsamsul_jombang@yahoo.com2027068001
Subjects: Manajemen Strategi
Pendidikan
Pemasaran
Keywords: Strategi pemasaran jasa pendidikan; daya saing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kharisma Putri
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:51
Last Modified: 05 Feb 2024 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67054

Actions (login required)

View Item View Item