Salat Dhuha sebagai pembuka pintu rezeki: kajian living hadis pada hadis riwayat Abu Dawud nomor indeks 1097 di kalangan mahasiswa pelaku UMKM UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Hesty (2024) Salat Dhuha sebagai pembuka pintu rezeki: kajian living hadis pada hadis riwayat Abu Dawud nomor indeks 1097 di kalangan mahasiswa pelaku UMKM UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesty Kharisma Putri_07010520007 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Hesty Kharisma Putri_07010520007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berawal dari pengalaman mahasiswa pelaku UMKM UIN Sunan Ampel Surabaya yang sukses dalam kehidupannya. Setelah ditelusuri, ternyata mahasiswa tersebut diiringi dengan ibadah sunnah dhuha. Salat dhuha adalah salat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi SAW yang diawali takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam yang sesuai dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan yang mana salat ini memiliki banyak keutamaan. Berdasarkan pengalaman mahasiswa pelaku UMKM UIN Sunan Ampel Surabaya, mereka ada yang melakukan salat dhuha secara istiqomah dan tidak istiqomah, tetapi dari hal demikian memiliki efek yang berbeda-beda. Hal itu sesuai dengan hadis Riwayat Abu Dawud 1097 yang berisi larangan meninggalkan empat rakaat pada permulaan siang, niscaya Allah SWT akan mencukupi kebutuhan di waktu sore. Sehingga dengan melaksanakan ibadah dhuha, para mahasiswa ini mendapatkan keutamaan-keutamaan salat dhuha. Mahasiswa pelaku UMKM memahami bahwa salat dhuha ini dapat membuka pintu rezeki ketika diniatkan ibadah kepada Allah SWT, karena jika seorang hamba taat kepada Allah SWT maka akan diberikan kemudahan, termasuk dalam hal rezeki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu berdasarkan pengalaman mahasiswa pelaku UMKM. Penelitian ini memiliki empat rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis Riwayat Abu Dawud 1097. 2) Bagaimana pemaknaan hadis Riwayat Abu Dawud 1097. 3) Bagaimana pelaksanaan salat dhuha yang diterapkan oleh mahasiswa pelaku UMKM UIN Sunan Ampel Surabaya. 4) Bagaimana relevansi salat dhuha sebagai pembuka pintu rezeki dalam hadis Riwayat Abu Dawud 1097 pada mahasiswa pelaku UMKM UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa pelaku UMKM UIN Sunan Ampel Surabaya mengalami efek berbeda-beda dari pelaksanaan salat dhuha, namun semua yang terjadi menjadi kebaikan bagi yang melakukannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Hestyhkharisma007@gmail.com07010520007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Ibadah
Bisnis
Wirausaha
Keywords: Salat Dhuha; pintu rezeki; hadis Abu Dawud nomor indeks 1097; UMKM mahasiswa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Hesty Putri
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:11
Last Modified: 04 Jan 2024 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67067

Actions (login required)

View Item View Item