Pengaruh pengetahuan pajak, sosialisasi pajak, sanksi pajak, kesadaran wajib pajak dan pendapatan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) (studi empiris di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Selfi Nur (2023) Pengaruh pengetahuan pajak, sosialisasi pajak, sanksi pajak, kesadaran wajib pajak dan pendapatan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) (studi empiris di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selfi Nur Rosidah_G92218093 OK.pdf

Download (651kB)
[img] Text
Selfi Nur Rosidah_G92218093 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan data primer dan data sekunder. Teknik pemilihan sampel menggunakan Random Sampling dengan rumus Isaac dan Michael, perolehan sampel sebanyak 370 responden, tetapi 40 diantaranya merupakan outlier. Sehingga sampel yang didapat sebanyak 330 responden. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan pajak, sanksi pajak, kesadaran wajib pajak dan pendapatan wajib pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak PBB-P2. Sedangkan secara parsial variabel sosialisasi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak PBB-P2. Kemudian secara simultan pengetahuan pajak, sosialisasi pajak, sanksi pajak, kesadaran wajib pajak, dan pendapatan wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka diharapkan bagi wajib pajak PBB-P2 untuk tetap memenuhi kewajiban pajaknya dan lebih meningkatkan kepatuhan dalam membayar pajak. Diperlukan juga adanya remainder oleh pemerintah daerah kepada wajib pajak tentang manfaat pajak yang dibayarkan terutama pajak PBB-P2, sehingga pelaksanaan kewajiban pajak berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Selfi Nurselfirosi09@gmail.comG92218093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselvia.eka@uinsby.ac.id2030079304
Subjects: Akuntansi
Pajak bumi dan bangunan
Keywords: PBB-P2; kepatuhan wajib pajak; akuntansi keperilakuan; theory planned behaviour
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Selfi Nur Rosidah
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:32
Last Modified: 05 Jan 2024 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67069

Actions (login required)

View Item View Item