Konversi Agama dalam Film Merindu Cahaya De Amstel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Thohiratul (2023) Konversi Agama dalam Film Merindu Cahaya De Amstel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thohiratul Hasanah_07040220076 OK.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Thohiratul Hasanah_07040220076 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Konversi agama merupakan perpindahan atau perubahan keyakinan yang menjadikan seseorang mencari ketenangan batin, mencari hal-hal baru yang dianggap benar. Faktor penyebab perpindahan agama ada dua macam, yaitu faktor internal yang berasal dari diri sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari luar. Peran utama seseorang dalam melakukan perpindahan agama adalah pengaruh supranatural. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses dan faktor yang mempengaruhi perpindahan agama yang dilakukan oleh tokoh dalam film Merindu Cahaya de Amstel. Penelitian ini menggunakan teori konversi agama dari pemikiran Max Heirich. Menurut Heirich ada 4 faktor dari konversi agama yaitu pengaruh Ilahi, pembebasan tekanan batin, suasana pendidikan, dan pengaruh sosial.Untuk itu peneliti menggunakan metode analisis isi yang mencakup pendekatan kualitatif dengan memusatkan perhatian pada pesan-pesan melalui media. Metode ini memungkinkan penarikan kesimpulan tentang konten, topik, dan aspek lainnya. Dalam proses analisis data, peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menemukan bahwa faktor penyebab kedua tokoh berpindah agama dalam film Merindu Cahaya de Amstel yaitu tokoh bernama Khadija berpindah agama karena faktor internal yang berasal dari dirinya dan tokoh bernama Nicholas berpindah agama karena faktor eksternal yaitu oleh mencari tahu tentang Islam melalui ilmu pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Thohiratulthohirahasanah@gmail.com07040220076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Konversi Agama; Film Merindu Cahaya De Amstel; dan Keyakinan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: thohiratul hasanah
Date Deposited: 06 Jan 2024 06:48
Last Modified: 06 Jan 2024 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67125

Actions (login required)

View Item View Item