Implementasi kurikulum merdeka dalam Madrasah Aliyah program khusus pada jurusan Keagamaan di MAN 1 Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Vinatus (2023) Implementasi kurikulum merdeka dalam Madrasah Aliyah program khusus pada jurusan Keagamaan di MAN 1 Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vinatus Sa'diyah_D71219086 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Vinatus Sa'diyah_D71219086 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) terbemtuk pada tahun 1990. Program ini merupakan program khusus pendidikan agama islam yang menggabungkan antara pendidikan sekolah dengan pendidikan pesantren. Kementrian pendidikan dan budaya menetapkan program ini dibeberapa sekolah pilihan seperti di jawa timur yakni sekolah MAN 1 Jember, MAN 1 Denanyar jombang, dan MAN 1 Kabupaten Mojokerto.Terlepas dari program khusus tersebut mentri pendidikan Nadim Makariem menetapkan suatu kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan suatu kurikulum yang berfokus pada kebutuhan minat dan bakat peserta didik sehingga pendidikan di indonesia saat ini tengah mengimplementasikan kurikulum merdeka sebagai trobosan baru dalam dunia pendidikan salah satunya yakni MAN 1 kabupaten Mojokerto yang juga mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan seperti pada program MAPK yang menerapkan asesmen kurikulum Merdeka yakni asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kualititif dengan jenis penelitian field research yakni jenis penelitian yang mengharuskan terjun secara langsung ke lapangan dan berbaur juga berkomunikasi dengan pihak sekolah guna memperoleh informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini membutuhkan beberapa referensi sebagai penunjang dalam mengerjakannya seperti buku, jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) di MAN 1 kabupaten Mojokerto merupakan suatu program yang didalamnya menggunakan asesmen kurikulum merdeka selain itu pada kegiatan tambahan terdapat beberapa dimensi kurikulum merdeka yang memiliki korelasi didalamnya, seperti pada kegiatan muhadoroh dan insya’ yang didalamnya memiliki korelasi dengan dimensi mandiri, kreatif, inovatif, dan lain sebagainya. Program-program tersebut mampu menumbuhkan jiwa pelajar pancasila dalam diri peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Vinatuskrosyidah82@gmail.comD71219086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddin----
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: MAPK; Kurikulum Merdeka; Asesmen.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vinatus Sa'diyah
Date Deposited: 06 Jan 2024 10:05
Last Modified: 06 Jan 2024 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67131

Actions (login required)

View Item View Item