Representasi sabar dalam Novel Hati Suhita: kajian Ma’ani al-Hadith pada Hadis Riwayat Al Nasa’i Nomor Indeks 1846 Perspektif Imam Al Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Tsabita (2023) Representasi sabar dalam Novel Hati Suhita: kajian Ma’ani al-Hadith pada Hadis Riwayat Al Nasa’i Nomor Indeks 1846 Perspektif Imam Al Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsabita Fauziah_07040520095 OK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Tsabita Fauziah_07040520095 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra prosa yang menggambarkan cerita imajinatif mengenai permasalahan kehidupan tokoh-tokoh tertentu. Namun, sebagian dari kalangan masih belum menyadari bahwa dari novel tersebut bisa diambil pelajaran kehidupan tentang sabar yakni pada novel “Hati Suhita”. Tujuan penelitian ini untuk memberi pemahaman hadis dalam kitab Sunan Al Nasa’i nomor indeks 1846 tentang sabar. Model penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kapustakaan (library research). Adapun sumber data dalam kajian ini adalah berupa kitab-kitab hadis, novel, buku-buku penunjang, jurnal yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan demikian tujuan utama dari penelitian ini yakni. Pertama, mencari kehujjahan dan kualitas hadis tentang sabar dalam kitab Sunan Al Nasa’i nomor indeks 1846. Kedua, mengkaji pemaknaan hadis tentang sabar dalam kitab Sunan Al Nasa’i nomor indeks 1846. Ketiga, representasi sabar dalam novel Hati Suhita perspektif Imam Al-Ghazali. Sehingga hasil penelitian ini adalah hadis tersebut dapat dijadikan hujjah karena telah memenuhi syarat kehujjahan diamalkan dalam kehidupan, dengan kualitas sahih li dhatihi. Representasi sabar menunjukkan bahwa Alina melakukan sabar dengan kesadaran yaitu dipengaruhi berbagai faktor yang terbentuk pada dirinya sewaktu ia kecil, baik melalui pendidikan (pesantren) dan didikan orang tua. Kemudian dalam berumah tangga terbentuk kesabaran yang dilakukan Alina, yaitu: sabar dalam menjalankan ketaatan Allah, sabar dalam menahan diri untuk menjaga kehormatan, sabar dalam menghadapi musibah yang menimpa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Tsabitatsabitafauziah7@gmail.com07040520095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@gmail.com2123017602
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Sunan Al Nasa’i; Novel Hati Suhita; Imam Al-Ghazali.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Tsabita TF Fauziah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:02
Last Modified: 08 Jan 2024 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67138

Actions (login required)

View Item View Item