Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap fasilitasi bilik ayah bunda di pengungsian Gunung Merapi Kelurahan Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Dewi Linda (2022) Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap fasilitasi bilik ayah bunda di pengungsian Gunung Merapi Kelurahan Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Linda Anggraini_C91216074 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dewi Linda Anggraini_C91216074 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan atau (field reseach) yang berlokasi di pengungsian Gunung Merapi Kelurahan Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pola pikir deduktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan bersumber dari data primer yaitu wawancara kepada DINP3AP2KB Kab. Sleman serta perangkat Desa Glagaharjo, dan data sekunder didapatkan melalui dokumentasi terhadap foto dan berita terkait fasilitasi bilik ayah bunda. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa fasilitasi bilik ayah bunda di lokasi pengungsian Gunung Merapi Kelurahan Glagaharjo sebagai bentuk peningkatan mutu pelayanan dan peningkatan kesejahteraan pengungsi oleh Dinas P3AP2KB Kab. Sleman yang bertujuan untuk melindungi kaum rentan seperti perempuan dan anak-anak, serta sebagai upaya pemenuhan hak anak. Apabila ditinjau dari macam-macam maslahah, maka fasilitasi bilik ayah bunda ini tergolong ke dalam maṣlaḥah mursalah karena tidak terdapat ketentuan yang mengaturnya baik dalam Al-Qur’an maupun hadis dan fasilitasi bilik ayah bunda ini sudah memenuhi syarat-syarat maṣlaḥah yaitu merupakan maṣlaḥah yang dapat diterima oleh akal, sudah sejalan dengan tujuan syariat dalam mendatangkan kemaslahatan bagi umat, tidak berlawanan dengan ketentuan-ketentuan terdahulu, dan fasilitasi bilik ini didirikan dalam kondisi atau keadaan yang mendesak. Penelitian dilakukan oleh penulis yaitu supaya fasilitasi bilik ayah bunda di lokasi pengungsian Gunung Merapi ini dapat dijadikan contoh oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak di daerah-daerah lain sehingga bilik ayah bunda ini dapat menjadi satu kesatuan dengan barak pengungsian dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak para pengungsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Dewi Lindadewilinda604@gmail.comC91216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiza, A. Kemalkemalespe@yahoo.com2001077502
Subjects: Perkawinan
Seks
Keywords: Bilik ayah bunda; seks; Pengungsian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2024 08:33
Last Modified: 07 Jan 2024 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67170

Actions (login required)

View Item View Item