Diskresi kepolisian dalam kebijakan terhadap pelaku peredaran narkotika di wilayah kabupaten Sidoarjo ditinjau dari hukum positif dan hukum pidana Islam: studi di satreskrim narkotika polresta Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Achmad Asryel (2024) Diskresi kepolisian dalam kebijakan terhadap pelaku peredaran narkotika di wilayah kabupaten Sidoarjo ditinjau dari hukum positif dan hukum pidana Islam: studi di satreskrim narkotika polresta Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Asryel Akbar_05020320025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Achmad Asryel Akbar_05020320025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peredaran narkotika adalah suatu permasalahan yang harus diselesaikan, karena efek dari perdaran narkotika berpengaruh terhadap perkambangan anak bangsa. Hal tersebut dilakukan oleh pihak Kepolisian Polresta Sidoarjo yang menaungi Wilayah Kabupaten Sidoarjo. Bentuk tindakan Kepolisian berupa menggunakan wewenang diskresi, yang mana Kepolisian dapat bertindak walaupun belum terdapat Undang-Undang yang mengatur atau dapat dikatakan bergerak atas dasar keyakinannya. Pertimbangan Polisi dalam melakukan hal tersebuut karena keuntungan yang diberikan lebih banyak daripada kerugian yang ditimbulkan. Maka dari kasus diatas timbul rumusan masalah yakni bagaimana diskresi kepolisian dalam kebijakan terhadap pelaku peredaran narkotika di Wilayah Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari Hukum Positif dan bagaimana diskresi kepolisian dalam kebijakan terhadap pelaku peredaran narkotika di Wilayah Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari Hukum Pidana Islam. Penelitian ini menggunakan metode empiris jenis penelitian empiris yaitu penelitian yang menggunakan sumber data lapangan sebagai bahan untuk dilakukannya suatu kajian. Pada pengumpulan data, penulis menggunakan pendekatan hukum sosiologis (sociological jurisprudence). Sumber data didapatkan dari wawancara kepada seseorang yang memiliki keahlian dibidangnya. Wawancara dilakukan di Polresta Sidoarjo dengan narasumber Kepala Urusan Bidang OPS selaku pembantu Kasat Reskrim dalam mengajukan pertimbangan, merumuskan, menyiapkan rencana program kegiatan Satuan Reskrim dan mengajukan saran terhadapnya. Ditemukan penyelesaian kasus peredaran narkotika yang dilakukan oleh Polresta Sidoarjo berupa under cover buy dan restorative justice berupa rehabilitasi. Rehabilitasi diberikan kepada seorang penyelahgunaan narkotika atas rujukan dari kepala kantor kepolisian pada satuan narkotika. Hal tersebut yang menjadi bentuk diskresi kepolisian dalam memberikan keputusan terhadap seseorang yang berhak mendapatkan rehabilitasi. Pihak kepolisian juga dibantu oleh Badan Narkotika Nasional ketika memberikan keputusan, karena sebelum keputusan itu dikeluarkan memertika beberapa pertimbangan yang diberikan oleh Badan Narkotika Nasional. Terdapat beberapa bentuk pertimbangan terkait dengan kelayakan seorang pengguna narkotika diberikan rehabilitasi, diantaranya adalah orang tersebut benar-benar pengguna, bukan termasuk pengedar, dan pengalami kecanduan akan narkotika. Karya tulis ini masih terdapat banyak kekurangan, maka penulis berharap akan ada penelitian dengan konsep yang sama akan tetapi dengan bentuk karya yang berbeda. Karena masih banyak hal yang perlu dikaji terhadap diskresi kepolisian, baik dalam aspek prosedural, ataupun aspek yang lainnya agar tidak terdapat pihak yang dirugikan dengan adanya diskresi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Achmad Asryelasryel84@gmail.com05020320025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuri, Syamsurisyamhass@gmail.com2029107201
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Ijtihad
Polisi
Keywords: Hukum pidana Islam; hukum positif; diskresi kepolisian; penyalahgunaan narkotika
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Achmad Asryel Akbar
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:46
Last Modified: 08 Jan 2024 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67175

Actions (login required)

View Item View Item