Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dan budi pekerti untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas VII di SMPN 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiri, Achmad Afandy (2023) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dan budi pekerti untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas VII di SMPN 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Afandy Khoiri_D71219053 OK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Achmad Afandy Khoiri_D71219053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas VII di SMPN 19 Surabaya. Kurikulum merdeka yang digunakan dalam pembelajaran PAI memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal peserta didik,dengan memberi kebebasan kepada peserta didik memilih sesuai minat dan kebutuhan mereka diharapkan akan lebih terlibat dan mempeoleh pengertian yang lebih baik mengenai ilmu agama dan keterampilan interpersonal. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan analisis bagaimana penerapan kurikulum merdeka yang khusunya dilakukan di pembelajaran PAI dapat mengoptimalkan kecerdasan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dan budi pekerti untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas VII di SMPN 19 surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII sedangkan objek pada penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti serta tingkat kecerdasan interpersonal peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B yang beragama islam serta Guru PAI dan Budi Pekerti yang mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (Condensation Data), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Conclusion Data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI di SMPN 19 Surabaya adalah guru sudah menerapkan penggunaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam kelas dengan media pembelajaran yang melibatkan interaksi antar individu, memberikan kesempatan untuk berkolaborasi, serta membuat pembelajaran berbasis proyek pada peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 19 Surabaya dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik guru memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam memilih materi mereka sendiri. Adanya faktor pendukung dalam beberapa faktor seperti penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan metode pembelajaran menarik, interkasi aktif peserta didik dengan pendidik atau guru dalam pembelajaran dan kerja kelompok. Dalam mengatasi hambatan guru PAI melakukan beberapa upaya yaitu guru dituntut untuk membantu permasalahan setiap peserta didik dan dengan usaha seperti pembelajaran secara kerja sama mampu mendorong peserta didik untuk aktif dalam berinteraksi dan berkomunikasi.Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dan budi pekerti mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas VII SMPN 19 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiri, Achmad Afandyachmadafandykhoiri@gmail.comD71219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Kurikulum
Kecerdasan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Kurikulum Merdeka; Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; Kecerdasan Interpersonal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Khoiri
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:58
Last Modified: 09 Jan 2024 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67215

Actions (login required)

View Item View Item