Pengembangan layanan bimbingan klasikal anti bullying dengan media training pada siswa di sekolah MTs Putra Putri Simo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Intan Farihatul (2024) Pengembangan layanan bimbingan klasikal anti bullying dengan media training pada siswa di sekolah MTs Putra Putri Simo Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Farihatul Masruroh_04040320086 OK.pdf

Download (982kB)
[img] Text
Intan Farihatul Masruroh_04040320086 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada yakni bullying pada siswa di sekolah yang terjadi peningkatan pada setiap tahun. Peneliti mengembangkan bimbingan klasikal anti bullying pada siswa di sekolah dengan menggunakan media training. Dengan merumuskan terkait bagaimana proses dan tingkat efektivitas pengembangan layanan bimbingan klasikal anti bullying pada siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Reserach And Development yang merupakan gabungan dari metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu penemuan potensi dan masalah, pengumpulan data lapangan, desain awal produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal produk. Dalam tahapan tersebut penelitian ini dilakukan sampai dengan uji coba pemakaian yang menghasilkan bahwa dari rata-rata persentase keseluruhan dengan total akhir sebesar 10% terjadi peningkatan yang awalnya dari hasil pretest rata-rata persentase keseluruhan menunjukkan 66% (Kategori Sedang), sedangkan hasil posttest rata-rata persentase keseluruhan menunjukkan 76% (Kategori Tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam produk yang dihasilkan dalam mencegah dan memberikan bimbingan memberikan hasil perubahan yang signifikan dilihat dari rata-rata keseluruhan persentase.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Intan Farihatulcellabon710@gmail.com04040320086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsa.ac.id2003036301
Subjects: Adab
Bimbingan
Kekerasan
Keywords: Bimbingan klasikal; media training; bullying.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: INTAN FARIHATUL MASRUROH
Date Deposited: 11 Jan 2024 05:51
Last Modified: 11 Jan 2024 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67244

Actions (login required)

View Item View Item