Pengaruh terapi muhasabah terhadap peningkatan disiplin santri di Pondok Pesantren AL MA'RUF Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrasyid, Muhammad Farikh (2023) Pengaruh terapi muhasabah terhadap peningkatan disiplin santri di Pondok Pesantren AL MA'RUF Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Farikh Arrasyid_04020320044 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Farikh Arrasyid_04020320044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Terapi Muhasabah Terhadap Peningkatkan Disiplinan Santri di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Lamongan. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Adakah Pengaruh Terapi Muhasabah Peningkatan Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Lamongan?. (2) Bagaimana Hasil Terapi Muhasabah Terhadap Peningkatan Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Lamongan?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Pengaruh Terapi Muhasabah Terhadap Peningkatan Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Lamongan. (2) Mengetahui hasil Terapi Muhasabah Terhadap Peningkatan Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Lamongan. Dalam penelitian ini terdapat hipotesis penelitian sebagai berikut: HI : “Ada pengaruh terapi terhadap peningkatan disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Lamongan”. HO : “Tidak ada pengaruh terapi muhasabah terhadap peningkatan disiplin santri Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Lamongan”. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain eksperimen penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat atau instrument penelitian untuk menilai tingkat kedisiplinan santri. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah proporsional purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil setiap kelas wustho masing-masing 50% dari total keseluruan satu kelas. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 54 santri kelas wustho Pondok Pesantren Al Ma’ruf Lamongan yang memiliki kategori kedisiplinan sedang bahkan rendah . Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah nilai signifikansinya 0,000 yang mana < 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain, berarti pada penelitian ini terapi muhasabah mempunyai pengaruh terhadap peningkatan disiplin santri di Pondok Pesantren Al Ma’ruf Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrasyid, Muhammad Farikhmuhammadfarikh1202@gmail.com04020320044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd--2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Muhasabah; Kedisiplinan Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Farikh Arrasyid
Date Deposited: 09 Jan 2024 21:43
Last Modified: 09 Jan 2024 21:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67278

Actions (login required)

View Item View Item