Pengaruh media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru I Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Dewi Ayu (2023) Pengaruh media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru I Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Ayu Istiqomah_06020720024 OK.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Dewi Ayu Istiqomah_06020720024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Seorang guru yang mengajarkan pelajaran matematika seharusnya dapat menggunakan berbagai variasi media yang melibatkan siswanya agar siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran, suasana kelas yang awalnya pasif menjadi aktif sehingga dalam proses kegiatan mengajar sangat dibutuhkan untuk bisa membuat siswa lebih meningkatkan minat belajar dalam mempelajari matematika.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana pengaruh media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo; (2) mengetahui tingkat efektivitas media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tipe kuasi eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempat di MINU Waru I Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa. Dengan jumlah siswa pada kelas kontrol berjumlah 25 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan jenis statistik parametrik dengan bantuan program spss versi 26. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh media web komik terhadap minat belajar yang memperoleh nilai signifikan pada uji independen t-test sebesar 0,001 < 0,05. Maka disimpulakan bahwa “tidak terdapat pengaruh media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo” ( Ho ditolak) dan “terdapat pengaruh media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo” (Hi diterima). (2) Efektivitas media web komik terhadap minat belajar siswa dengan dibuktikan dalam uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 79,0483% nilai tersebut masuk ke dalam tabel penafsiran pada kategori “efektif” sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai signifikan sebesar 58,7387% nilai tersebut masuk ke dalam tabel penafsiran pada kategori “cukup efektif” terhadap minat belajar. Maka disimpulakan bahwa “tidak terdapat efektivitas media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo” (Ho ditolak) dan “terdapat efektivitas media web komik terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo” (Hi diterima).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Dewi Ayuistiqomahdewi04@gmail.com06020720024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Matematika
Minat Siswa
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Web Komik; Minat Belajar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Ayu Dewi Ayu
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:45
Last Modified: 10 Jan 2024 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67304

Actions (login required)

View Item View Item