Pengaruh tingkat suku bunga, jaminan, dan prosedur pemberian kredit terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pinjaman pada PT. BPR Tunas Artha Jaya Abadi Cabang Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Muhammad Agil Fahrizal (2023) Pengaruh tingkat suku bunga, jaminan, dan prosedur pemberian kredit terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pinjaman pada PT. BPR Tunas Artha Jaya Abadi Cabang Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Agil Fahrizal Umam_G93219082 OK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
Muhammad Agil Fahrizal Umam_G93219082 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga, jaminan, dan prosedur pemberian kredit terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pinajamn pada PT. BPR Tunas Artha Jaya Abadi Cabang Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Penelitian ini mengambil data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang melakukan pinjaman di PT. BPR Tunas Artha Jaya Abadi Cabang Nganjuk yang mana per Desember 2022 sebanyak 1813 nasabah. Penentuan sampel menggunakan bantuan website sample size calculator dan ditentukan sebanyak 318 nasabah. Teknik pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat suku bunga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pinjaman (2) Jaminan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pinjaman (3) Prosedur pemberian kredit tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pinjaman (4) Uji F menunjukkan tingkat suku bunga, jaminan, dan prosedur pemberian kredit secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pinjaman. (5) Uji R2 menunjukkan bahwa tingkat suku bunga, jaminan, dan prosedur pemberian kredit secara simultan berpengaruh terhadap variabel keputusan nasabah sebesar 13,7%. Sedangkan sisanya sebesar 86,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar regresi ini atau yang tidak diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Muhammad Agil Fahrizalfahrizalumam21@gmail.comG93219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id2003059301
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi
Manajemen
Keuangan
Keywords: Tingkat suku bung; jaminan; prosedur pemberian kredit; keputusan nasabah; pinjaman; BPR.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Muhammad Agil Fahrizal Umam
Date Deposited: 11 Jan 2024 00:56
Last Modified: 11 Jan 2024 00:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67318

Actions (login required)

View Item View Item