فعالية تطبيق الوسيلة التلعيبية (Gamifikasi) من خلال OpExams لترقية مهارة القراءة لطلاب الفصل السابع في مدرسة دار العلوم المتوسطة الإسلامية وارو سيدووارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmiyah, Tadarrosatul (2024) فعالية تطبيق الوسيلة التلعيبية (Gamifikasi) من خلال OpExams لترقية مهارة القراءة لطلاب الفصل السابع في مدرسة دار العلوم المتوسطة الإسلامية وارو سيدووارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tadarrosatul Hikmiyah_06010220016 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tadarrosatul Hikmiyah_06010220016 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu 1) Untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo 2) Untuk mengetahui penerapan media gamifikasi melalui aplikasi OpExams dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan media gamifikasi melalui aplikasi OpExams dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo yang jumlahnya 265 siswa dan sampelnya adalah 32 siswa kelas VII-B, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase dan t-test. Setelah melakukan analisis data dari penelitian ini, hasilnya adalah sebagai berikut: 1) keterampilan membaca siswa kelas VII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo sebelum diterapkannya media gamifikasi melalui aplikasi OpExams dapat dilihat dari hasil Pre-Test yaitu siswa yang mendapat predikat “jayyid” ada 10 dengan persentase 32,25%, siswa yang mendapat predikat “maqbul” ada 10 dengan persentase 32,25%, dan siswa yang mendapat predikat “rasib” ada 12 dengan persentase 37,5%. 2) Penerapan media gamifikasi melalui aplikasi OpExams dalam keterampilan membaca pada siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Kegiatan pertama adalah pembukaan, yang kedua adalah kegiatan inti, peneliti memulai penelitian dengan menyiapkan alat yang dibutuhkan yaitu laptop dan HP. Sebelum memasuki halaman pertanyaan, peneliti dan siswa lebih dahulu menerjemahkan teks bacaan berjudul “Fasilitas Sekolah” yang ada dalam buku. Kemudian peneliti memberikan link dan memulai Post-Test dengan media gamifikasi melalui aplikasi OpExams. Kegiatan ketiga adalah penutup. 3) Efektivitas penerapan media gamifikasi melalui aplikasi OpExams dapat dilihat dari hasil Post-Test yaitu siswa yang mendapat predikat “mumtaz” ada 9 dengan persentase 28,12%, siswa yang mendapat predikat “jayyid jidan” ada 17 dengan persentase 53,12%, siswa yang mendapat predikat “jayyid” ada 6 dengan persentase 18,76%. Nilai thitung dari hasil uji T-Test¬ adalah 21,6 sedangkan tt menunjukkan hasil 1,695 dan 2,452, karena thitung lebih besar dari tt maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan Hipotesis nol (H0) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmiyah, Tadarrosatultadarrosatulhikmiyah@gmail.com06010220016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHisbullah, Hudahisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Media Gamifikasi; OpExams; Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tadarrosatul Hikmiyah
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:57
Last Modified: 10 Jan 2024 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67320

Actions (login required)

View Item View Item