Internalisasi Islamic Entrepreneurship dalam Manajemen Kurikulum di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

N. Ibrahim, Isti Amalia (2023) Internalisasi Islamic Entrepreneurship dalam Manajemen Kurikulum di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isti Amalia N. Ibrahim_06040320083 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Isti Amalia N. Ibrahim_06040320083 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul internalisasi Islamic entrepreneurship dalam manajemen kurikulum di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi Islamic entrepreneurship dalam manajemen kurikulum di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Penelitian ini berfokus pada internalisasi Islamic entrepreneurship dalam manajemen kurikulum dan faktor pendukung dan penghambat internalisasi Islamic entrepreneurship dalam manajemen kurikulum di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa manajemen kurikulum di SMA Muhammadiyah dilakukan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum, selanjutnya proses internalisasi Islamic entrepreneurship dalam manajemen kurikulum di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya dilakukan dengan tiga tahap, yaitu 1) tahap transformasi nilai, dilakukan dengan penyaluran nilai dan penyampaian secara langsung kepada pendidik, 2) tahap transaksi nilai dilakukan dengan komunikasi antara kepala sekolah dan pendidik melalui diskusi atau pertanyaan yang diajukan oleh pendidik, dan 3) tahap transinternalisasi dilakukan oleh kepala sekolah yaitu dengan mejadi teladan bagi para pendidik,seluruh tahap internalisasi dilakukan kepada pihak yang terlibat dalam penyelenggara kurikulum. Beberapa strategi yang dilakukan, yaitu: a) mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran terkait, b) mengacu kepada kurikulum muatan lokal, dan c) praktik berwirausaha, dan d) budaya sekolah. Kegiatan internalisasi Islamic entrepreneurship dalam proses pembelajarannya telah mengimplementasikan tiga prinsip-prinsip Islamic entrepreneurship, yakni: 1) prinsip ketauhidan, 2) prinsip keadilan, dan 3) prinsip tolong menolong. Faktor pendukung internalisasi Islamic entrepreneurship dalam manajemen kurikulum di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya yaitu kemampuan dan tekad yang kuat dari para peserta didik sehingga menggerakkan motivasi mereka untuk melakukan suatu usaha, Selain itu kesempatan dan peluang merupakan pendukung dalam internalisasi Islamic entrepreneurship, kemudian tekad yang kuat dan kerja keras siswa untuk menjadi seorang yang entrepreneur. Adapun faktor penghambat dalam internalisasi Islamic entrepreneurship, diantaranya ialah tidak berkompeten dalam urusan manajerial dan ketidaksungguhan melakukan usaha, selain itu lokasi yang kurang memadai juga menjadi salahsatu hambatan dalam melakukan tugas praktik, kemudian kurangnya kreativitas pada perencaan bisnis, karena motivasi dan inisiatif para siswa yang masing kurang, juga keterbatasan tenaga pendidik, hal tersebut menjadi hambatan pratik berbisnis bagi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
N. Ibrahim, Isti Amalia01istiamalia@gmail.com06040320083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauzi, Ahmadnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Internalisasi; Islamic Entrepreneurship; Manajemen Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Isti Amalia N. Ibrahim
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:16
Last Modified: 11 Jan 2024 01:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67322

Actions (login required)

View Item View Item