تطبيق وسيلة تعليم اللغة العربية Learn With Farhan لترقية مهارة القراءة والكتابة لدى طلاب الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidi, Muhammad Farhan (2024) تطبيق وسيلة تعليم اللغة العربية Learn With Farhan لترقية مهارة القراءة والكتابة لدى طلاب الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Farhan Rosidi_06020220047.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Farhan Rosidi_06020220047_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, untuk mengetahui implementasi media pembelajaran bahasa Arab "Learn With Farhan" dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, dan untuk mengetahui efektivitas implementasi media pembelajaran bahasa Arab "Learn With Farhan" dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel terdiri dari 33 orang yaitu seluruh siswa kelas XII A-2 di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Peneliti menggunakan uji statistik Paired Sample T-Test untuk menilai perbedaan antara variabel X (hasil Pre-test sebelum menggunakan media "Learn With Farhan") dan variabel Y (hasil Post-test setelah menggunakan media tersebut). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai Signifikansi 2-tailed keterampilan membaca adalah 0,000 yaitu lebih kecil daripada 0,05. Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Adapun nilai Signifikansi 2-tailed keterampilan menulis adalah 0,000 yaitu lebih kecil daripada 0,05. Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes sebelum dan sesudah penerapan media "Learn With Farhan" baik dalam keterampilan membaca maupun keterampilan menulis. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media "Learn With Farhan" efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidi, Muhammad Farhanmuhfarros28@gmail.com06020220047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alialimudlofir@uinsby.ac.id2016116301
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Media pembelajaran; Learn With Farhan; keterampilan membaca; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Farhan Rosidi
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:35
Last Modified: 05 Feb 2024 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67331

Actions (login required)

View Item View Item