Ketenangan spiritual menurut al Qur'an: telaah pemikiran Achmad Chodjim dalam Tafsir Mutakhir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aviyanti, Nada Nurul (2024) Ketenangan spiritual menurut al Qur'an: telaah pemikiran Achmad Chodjim dalam Tafsir Mutakhir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nada Nurul Aviyanti _07020320065.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Nada Nurul Aviyanti _07020320065_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena fenomena kehampaan spiritual yang terjadi di masyarakat, terutama di Nusantara. Kehampaan spiritual tersebut semakin meningkat dan dapat menimbulkan kecemasan hingga bunuh diri. Kecemasan kepada diri manusia juga dipicu oleh perkembangan zaman terutama memasuki Era Society 5.0. Seperti yang diketahui bahwa al-Quran adalah penawar serta obat bagi segala problem manusia. Dengan begitu fenomena ini merupakan suatu yang penting untuk dikaji terutama pada bidang tafsir yang mana bisa berfungsi sebagai menjawab problem solving yang ada di masyarakat. Masalah yang diteliti dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran Achmad Chodjim tentang ketenangan spiritual menurut Teori Maqasid al-Shari’ah Jasser Auda, 2) Bagaimana relevansi penafsiran Achmad Chodjim tentang ketenangan spiritual dengan gaya hidup di Era Society 5.0. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penafsiran Achmad Chodjim tentang Ketenangan Spiritual dalam Tafsir Mutakhir dari kacamata Maqasid al- Shari’ah Jasser Auda dan membuktikan adanya relevansi penafsiran Achmad Chodjim tentang Ketenangan Spiritual di Era Society 5.0. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu dengan menjelaskan penafsiran-penafsiran yang berkaitan dengan ketenangan spiritual yang dibatasi hanya pada Tafsir Mutakhir karya Achmad Chodjim , kemudian dikaitkan dengan Maqasid al- Shari’ah Jasser Auda dan yang terakhir melihat relevansi penafsiran Achmad Chodjim mengenai ketenangan spiritual dengan gaya hidup di era society 5.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketenangan spiritual menurut Achmad Chodjim adalah hasil dari proses perjalanan spiritual manusia dalam menemui Tuhannya. Ketenangan Spiritual pada Tafsir Mutakhir adalah ditempuh dengan memurnikan iman, melakukan pembacaan surah yang diiriingi dengan aksi atau ibadah lainnya dan mengendalikan potensi positifnya, maka ia akan mendapatkan ketenangan spiritual. Sehingga pada ketiga surah ini terlihat bahwa terdapat kandungan maqasid Hifz al-Din (Pelestarian Agama), Hifz al-Nafs (Pelestarian Nyawa) dan Hifz al-Aql (Pelestarian Akal). Relevansi antara ketenangan spiritual dengan gaya hidup menurut Achmad Chodjim yaitu dengan iman memberikan rasa aman, pembacaan surah yang diiringi dengan ibadah-ibadah lainnya dan menjaga diri potensi negatif agar dapat mencegah adanya kehampaan spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aviyanti, Nada Nurulnadanurul28@gmail.com07020320065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.moh.yardho@uinsa.ac.id2110068501
Subjects: Iman Kepada Allah
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: ketenangan spiritual; Achmad Chodjim; Tafsir Mutakhir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nada Nurul Aviyanti
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:38
Last Modified: 05 Feb 2024 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67352

Actions (login required)

View Item View Item