Pengaruh motivasi karir, sikap, dan persepsi mahasiswa akuntansi tentang sistem teknologi informasi terhadap minat menjadi akuntan perusahaan pada mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zam zami, Fatimatus Zahroh (2023) Pengaruh motivasi karir, sikap, dan persepsi mahasiswa akuntansi tentang sistem teknologi informasi terhadap minat menjadi akuntan perusahaan pada mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatus Zahroh Zam zami_08020220063.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fatimatus Zahroh Zam zami_08020220063_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan profesi akuntan perusahaan saat ini sejalan dengan kebutuhan akan jumlah akuntan perusahaan yang semakin banyak di butuhkan di Indonesia. Namun, sayangnya pertumbuhan jumlah akuntan perusahaan di Indonesia justru melambat. Lulusan mahasiswa akuntansi di Indonesia umumnya banyak yang terjun pada dunia non-Akuntansi, dan mereka lebih banyak terjun ke dunia kedinasan, membuka usaha sendiri, dan profesi yang tidak ada kaitannya dengan seorang akuntan, khususnya akuntan perusahaan. Minimnya minat mahasiswa akuntansi untuk berprofesi sebagai akuntan perusahaan diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah : Motivasi karir, Sikap, dan Persepsi Mahasiswa akuntansi tentang Sistem Teknologi Informasi. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan secara kuantitatif melalui pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner online. Sampling yang diperoleh sebanyak 88 responden Mahasiswa aktif Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Data yang diperoleh kuesioner diolah dengan software SPSS versi 26 untuk memperoleh hasil penelitian. Untuk keabsahan instrument data penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji determinasi, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis T (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial : (1) terdapat pengaruh positif Motivasi karir terhadap minat menjadi Akuntan Perusahaan pada mahasiswa Akuntansi di PTN Surabaya (2) terdapat pengaruh positif Sikap terhadap minat menjadi Akuntan perusahaan pada mahasiswa akuntansi di PTN Surabaya (3) terdapat pengaruh negatif Persepsi mahasiswa akuntansi tentang sistem teknologi informasi terhadap minat menjadi akuntan perusahaan pada mahasiswa akuntansi di PTN Surabaya. Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan objek di luar PTN Surabaya. Dan juga peneliti memiliki harapan untuk menambah variabel lain, karena adanya lanjutan lebih mendalam yang dapat diasumsikan masih adanya variabel lain untuk mempengaruhi variabel minat menjadi akuntan perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zam zami, Fatimatus Zahrohfzmzami192@gmail.com08020220063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Akuntansi
Motivasi Belajar
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Motivasi karir; sikap; persepsi mahasiswa akuntansi tentang sistem teknologi informasi; minat menjadi akuntan perusahaan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: fatimatus zahroh zamzami
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:17
Last Modified: 05 Feb 2024 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67353

Actions (login required)

View Item View Item