شخصية الأشخاص الرئيسية في رواية "مذكرات طبيبة" لنوال السعدوي (دراسة علم الأدب النفسىي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Nuraini Amilatus (2024) شخصية الأشخاص الرئيسية في رواية "مذكرات طبيبة" لنوال السعدوي (دراسة علم الأدب النفسىي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuraini Amilatus Sholihah_03020120062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nuraini Amilatus Sholihah_03020120062_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Kepribadian merupakan salah satu kajian psikologi sastra yang berkaitan dengan kejiwaan tokoh dalam karya sastra, baik berupa cerpen, novel maupun drama. Peneliti menggunakan Teori Sigmund Freud dalam penelitian ini dengan menggunakan objek penelitiannya berupa novel yang berjudul “Mudzakarat Thabibah” Karya Nawal El Saadawi yang mengisahkan tentang kejiwaan tokoh-tokoh yang memiliki berbagai kepribadian yang Kompleks sehingga menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel “Mudzakarat Thabibah” karya Nawal el Saadawi dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1.) Bagaimanakah kepribadian tokoh utama dalam novel “Mudzakarat Thabibah” karya Nawal el Saadawi menurut teori Sigmund Freud. 2.) Apa saja Faktor yang mempengaruhi Tokoh Utama dalam Novel “Mudzakarat Thabibah”. Jenis penelitian ini adalah Library Research. Peneliti menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dan data yang dihasilkan berupa kalimat dalam bentuk kutipan-kutipan dari novel “Mudzakarat Thabibah” karya Nawal el Saadawi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kepribadian tokoh “saya” didominasi oleh Id dan Ego. Akibat perlakuan dari orang orang disekitarnya menjadikan ia salah paham dengan lingkungannya, Dengan memerangi dirinya sendiri dan menyalahi kodratnya sebagai perempuan. Sampai pada akhirnya ia tersadar bahwa pertempuran pertempuran yang ia jalani selama ini telah banyak menjauhkannya dari kebenaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Nuraini Amilatusmila.amilea23@gmail.com03020120062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husein--2003015601
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Subjects: Bahasa Arab
Fiksi
Sastra
Keywords: Kepribadian; Sigmund Freud; Mudzakarat Thabibah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurainii Amilatus Sholihah Sholihah
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:45
Last Modified: 16 Jan 2024 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67359

Actions (login required)

View Item View Item