Konseling karir melalui terapi muhasabah untuk mengatasi kebingungan pemilihan jurusan pada siswa di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamzah, Muhammad Izzuddin Anggoro (2024) Konseling karir melalui terapi muhasabah untuk mengatasi kebingungan pemilihan jurusan pada siswa di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Izzuddin Anggoro Hamzah_04040320092 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Izzuddin Anggoro Hamzah_04040320092.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terwujudnya cita-cita yang sesuai dengan harapan merupakan suatu hal yang sangat di dambakan bagi semua orang, terkhususnya bagi siswa akhir kelas XII yang akan melanjutkan study lanjut di perguruan tinggi yang sesuai impian. Pemilihan jurusan yang sesuai dengan cita-cita dan harapan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi setiap siswa yang akan melanjutkan study mereka. Namun, masih banyak dari siswa akhir yang mengalami kebingungan terhadap pemilihan jurusan yang sesuai dengan keinginan mereka. Dalam penelitian ini berfokus pada seorang siswa yang mengalami kebingungan dalam pemilihan jurusan diperguruan tinggi karena disebabkan oleh permasalahan pemahaman diri yang kurang, pilihan jurusan yang bermacam-macam dan kurangya dorongan dari keluarga siswa sehingga menyebabkan siswa tersebut mengalami kebingungan dalam memilih dan menentukan jurusan diperguruan tinggi. Untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh siswa tersebut. Perlu adanya suatu treatment yang dapat digunakan secara efektif dalam mengatasi permasalahan kebingungan pemilihan jurusan pada seorang siswa kelas XII. Konseling karir melalui terapi muhasabah merupakan langkah yang dapat digunakan dalam memberikan treatment untuk mengatasi kebingungan pemilihan jurusan pada seorang siswa. Konseling karir merupakan layanan yang dapat membantu individu dalam menyelesaikan tantangan dalam menentukan jurusan guna mencapai cita-cita dan impian setiap siswa dan melalui terapi muhasabah sebagai pemecah pada masalah kebingungan yang selanjutnya dilakukan dalam proses sesi konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif terhadap permasalahan konseli tersebut. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menggunakan data kualitatif dan diuraikan secara rinci. Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Penelitian studi kasus dilakukan dengan melakukan penggalian data secara mendalam dengan berbagai sumber informasi yang diperoleh secara kontekstual dengan permasalahan atau fenomena yang dikaji secara utuh, kontekstual, rinci, dan mendalam. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan konseling karir melalui terapi muhasabah dapat membantu mengatasi permasalahan kebingungan dalam pemilihan jurusan pada seorang siswa di sidoarjo yang dapat dilihat pada bab keempat yang membahas mengenai treatment pada siswa tersebut dan terbukti dapat mengatasi permasalahan yang dialami yaitu permasalahan pemahaman diri yang kurang, pilihan jurusan yang bermacam-macam dan kurangya dorongan dari keluarga siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamzah, Muhammad Izzuddin Anggoroizzuddinahamzah20@gmail.com04040320092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.com2018057601
Subjects: Bimbingan
Karier
Keywords: Kebingungan; pemilihan jurusan; konseling karir; terapi muhasabah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Izzuddin Anggoro Hamzah
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:28
Last Modified: 23 Jan 2024 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67377

Actions (login required)

View Item View Item